nusabali

Jelang Karya Tabuh Gentuh, Setra Kasengker

  • www.nusabali.com-jelang-karya-tabuh-gentuh-setra-kasengker

Desa Pakraman Duda, Kecamatan Selat, Karangasem menggelar upacara nyengker setra dan tunon (kuburan keluarga Brahmana) pada Wraspati Wage Sungsang, Kamis (20/12).

AMLAPURA, NusaBali
Upacara nyengker setra digelar di Sembilan setra dan tunon jelang Karya Tawur Tabuh Gentuh di Pura Puseh, Desa Pakraman Duda. Nyengker setra sangat penting sehubungan di Pura Puseh telah memulai melaksanakan upacara negtegang pedagingan di pasucian.

Upacara nyengker setra merupakan salah satu rangkaian Karya Tawur Tabuh Gentuh di Pura Puseh yang mesti dilaksanakan. Sehingga saat upacara nyengker setra digelar, krama Desa Pakraman Duda yang mewilayahi 27 banjar adat fokus melaksanakan upacara tersebut di 9 lokasi. Pangrajeg Karya Tawur Tabuh Gentuh, Ida Bagus Gede Suyasa, menjelaskan tujuan nyengker setra agar sang pitara yang belum diaben turut mendoakan, ngastiti bhakti agar jalannya Karya Tawur Tabuh Gentuh labda karya.

Nyengker setra juga bertujuan menggelar banten sodaan khusus untuk sang pitara. Makna lainnya, agar untuk sementara waktu sang pitara dibatasi hanya berada di wewidangan setra. Prosesinya diawali menggelar upacara ngentas ditujukan kepada sawa yang belum diaben dan tidak ada warga yang mengakui.

Rangkaian berikutnya, di sembilan setra lan tunon, menggelar pacaruan di areal setra, pamuhunan (tempat membakar jenazah), Pura Prajapati, dan di padunungan (batas desa, yang biasa digunakan tempat menitipkan jenazah). “Jadi nyengker setra itu tujuannya selain membawakan banten sodaan kepada sang pitara, juga agar sang pitara yang belum diaben untuk sementara berada di wewidangan setra selama karya berlangsung,” jelas Ida Bagus Gede Suyasa.

Nyengker setra diberlakukan dari Kamis (20/12) hingga Soma Kliwon Uye, Senin (11 Maret 2019). Sehubungan menyusul ada Karya Agung Panca Balikrama di Pura Besakih, maka nyengker setra diperpanjang hingga Wraspati Wage Bala, Kamis, 4 April 2019 mendatang. “Di akhir nyengker setra dilaksanakan upacara ngembak, matur piuning di Pura Prajapati, sehubungan Karya Tawur Tabuh Gentuh telah berakhir. Sehingga sang pitara tidak lagi terkurung di wewidangan setra,” tambahnya.

Dari sembilan lokasi nyengker setra itu, salah satunya di Setra Banjar Adat Pegubugan, Desa Pakraman Duda, Kecamatan Selat, upacaranya diantarkan empat pamangku yakni Jro Mangku Cenik, Jro Mangku Sadi, Jro Mangku Sudiana dan Jro Mangku Berata. Selama nyengker setra, berlaku larangan menggelar upacara ngaben. Jika ada kematian agar mengubur di petang hari, saat pergantian siang dan malam. Sedangkan Karya Tawur Tabuh Gentuh yang digelar setiap 10 tahun sekali puncaknya pada Buda Kliwon Matal, Rabu, 6 Maret 2019 mendatang. *k16

Komentar