nusabali

Pohon Bunut Tumbang Melintang di Jalan

  • www.nusabali.com-pohon-bunut-tumbang-melintang-di-jalan

Pohon bunut tumbang melintang di Jalan Letda Arti Amlapura, Selasa (20/11) malam. Ranting pohon juga menimpa kabel listrik mengakibatkan akses jalan sempat terhambat.

AMLAPURA, NusaBali
Petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) melakukan penanganan terlebih dahulu berkoordinasi dengan petugas PLN agar memutus aliran listrik.

Setelah petugas PLN melakukan pemutusan aliran listrik, maka petugas BPBD melakukan pemotongan batang pohon bunut. Di samping melintang di jalan, pohon bunut juga sebagian nyemplung ke sungai, khawatirnya jika terlambat penanganan air bisa meluap ke jalan. Pohon berdiameter 50 cm dengan panjang 35 meter itu telah lama rapuh. Syukurnya saat kejadian tidak ada pengendara melintas sehingga terhindar dari korban jiwa. “Kami telah tangani pohon tumbang itu kurang dari satu jam, selanjutnya arus lalulintas normal kembali,” kata Kepala Pelaksana BPBD Ida Bagus Ketut Arimbawa.

IB Arimbawa mengingatkan masyarakat pemilik pohon yang tumbuh menjorok ke jalan dan telah berusia tua agar ditebang sehingga tidak membahayakan. BPBD siap melakukan penebangan jika dimintai bantuan. Warga setempat, I Made Suela, mengatakan, sebelumnya terjadi hujan lebat dan angin kencang hingga menyebabkan air menggenang tidak bisa dilewati pengendara. “Air masuk ke halaman rumah penduduk, menyebabkan pohon lapuk keropos dan tumbang,” kata Suela. *k16

Komentar