nusabali

5 Pura di Abang Songan Terbakar

  • www.nusabali.com-5-pura-di-abang-songan-terbakar

Pura yang terbakar meliputi Pura Tuluk Biu, Pura Puseh, Pura Pesimpangan Ulun Danu, Pura Subak Abian Puspa Sari, Pura Dadia Pasek Gelgel.

Sedangkan Kepala Desa (Perbekel) Abang Songan, I Wayan Widana, mengatakan pihaknya sebetulnya sudah langsung membunyikan kulkul bulus begitu ada kobaran api, sehingga warga sekampung terjun ke lokasi. Pihaknya juga menghubungi petugas pemadam kebakaran. 

"Tapi, upaya yang dilakukan warga tidak mampu menghindarkan 5 pura dari keba-karan. Mereka sudah berupaya melakukan pemadaman api secara manual dengan peralatan seadanya. Petugas pemadam yang terjun juga kewalahan. Kami segera akan menggelar paruman (pertemuan adat) pasca musibah kebakaran pura ini,” ujar Perbekel Wayan Widana saat dikontak per telepon, tadi malam.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Bangli Ida Bagus Giri Putra mengingatkan warga agar waspada dan menjaga lingkungan di musim kemarau, jika tak ingin terjadi mu-sibah kebakaran. Giri Putra mengaku belum tahu persis apa sejatinya penyebab terbakarnya 5 pura di Desa Pakraman Abang Songan ini.

Yang jelas, emnurut Giri Putra, pihaknya kemarin langsung mengerahkan dua unit mobil pemadam Pemkab Bangli dan minta bantuan dari Gianyar serta Klungkung untuk mengatasi kebakaran pura di kawasan pegunungan Kintamani ini. "Kita juga tengah menunggu surat pernyataan tentang peristiwa kebakaran ini. Nantinya, kita berharap bisa beri bantuan sosial melalui pos tak terduga,” kata Giri Putra.

Komentar