nusabali

91 Pelamar CPNS Tak Lulus Administrasi

  • www.nusabali.com-91-pelamar-cpns-tak-lulus-administrasi

Antusias masyarakat Gianyar untuk berebut kursi menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS, relatif tinggi.

GIANYAR, NusaBali
Dari 322 formasi diminati 1.374 pelamar. Dari hasil seleksi administrasi, 1.256 pelamar dinyatakan lulus. Sisanya, 91 pelamar tidak lulus dengan berbagai alasan.

Terbanyak, pelamar yang tidak lolos karena kualifikasi pendidikan tidak sesuai. Bupati Gianyar I Made Mahayastra menilai jumlah pelamar CPNS di Gianyar tidak sebanyak kabupaten/kota lain di Bali. Menurutnya, orientasi masyarakat Gianyar sudah mulai beralih menjadi wirausaha maupun pekerjaan lain yang lebih menjanjikan. “Syukur tidak sebanyak di Buleleng. Gianyar kan hanya seribuan yang lamar. Artinya, lulusan sarjana di Gianyar orientasinya tidak melulu harus jadi PNS,” ungkapnya di sela-sela pelantikan pengurus YKI dan Bunda PAUD Gianyar di ruang sidang utama Kantor Bupati Gianyar, Selasa (23/10).

Kata dia, masyarakat Gianyar saat ini cenderung menjadi wirausaha muda, perajin, maupun profesional. “Kan ini yang memang kita harapkan, masyarakat bisa mandiri tanpa harus jadi PNS,” jelasnya.

Terkait penerimaan CPNS dari tenaga honor (K2), diakui hanya segelintir. Dari ratusan tenaga honor di sejumlah OPD, tahun 2018 ini hanya 2 honorer yang diangkat jadi PNS. “Untuk K2, sepanjang memenuhi syarat bisa lolos. Tapi itu kecil, cuma 2 orang yang diangkat. Padahal jumlahnya ratusan di semua OPD,” ungkapnya.

Seperti diketahui, pada lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) menyetujui 322 formasi pegawai dari 334 formasi yang diusulkan Pemkab Gianyar. Formasi tersebut terdiri dari 305 orang guru kelas ahli pertama (S1 PGSD) yang terbuka untuk pelamar umum dan 10 orang tenaga guru yang berasal dari honorer K2 dengan syarat berpendidikan paling rendah S1 sebelum Nopember 2017.

Sementara untuk tenaga teknis terdapat tujuh formasi yang terdiri dari 1 formasi  Pengelola Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (D3 Informatika), 3 formasi  Pengelola Teknologi informasi (D3 Informatika), 1 formasi Analis Kepegawaian Terampil (D3 Ilmu Kepegawaian/Ekonomi Manajemen SDM/Manajemen) dan 2 formasi Pengelola Sistem Informasi (D3 Teknik Informatika). *nvi

Komentar