nusabali

5 Kuliner yang akan Membuatmu Bersyukur Pernah Datang ke Klungkung

  • www.nusabali.com-5-kuliner-yang-akan-membuatmu-bersyukur-pernah-datang-ke-klungkung

Dijamin bikin lidah bergoyang dan tidak membuat kantong bolong.

4. Sate Languan

Foto: Sate Languan .-NET

Saat berkunjung ke Klungkung sempatkanlah untuk mampir ke daerah Kusamba atau Pesinggahan karena di sana terdapat kuliner yang membuat kamu bersyukur pernah berkunjung ke Bali terutama Klungkung.

Berbahan dasar ikan laut atau sering disebut Languan oleh masyarakat sekitar, Sate Languan telah menjadi primadona bagi pecinta kuliner gurih dan berbahan dasar ikan laut. Bentuknya yang unik, yaitu dikepal/dililit menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sate ini pun tidak menggunakan bambu sebagai tusuknya, melainkan batang dari daun kelapa yang masih muda, dipotong kotak dan memanjang. Seporsi Sate Languan harganya bervariasi, bisa Rp 10.000 hingga Rp 20.000 tergantung jumlah isiannya. Kuliner ini sering dijadikan lauk yang disantap dengan nasi hangat atau dimakan langsung.

5. Jajan Bulung

Foto: Jajan Bulung .-Dok.NusaBali

Jika dari tadi kamu hanya disuguhkan kuliner yang rasanya gurih, kali ini kamu yang pecinta manis boleh bahagia karena ada jajanan khas Klungkung bernama Bulung bisa kamu coba ketika berkunjung ke Klungkung. Kendati Bulung telah banyak dijumpai di daerah lain, namun masyarakat Klungkung, terutama yang berjualan di Pasar Sengol tetap konsisten memasarkan jajanan manis ini.

Masyarakat Bali mengenal rumput laut dengan sebutan Bulung. Ya, jajan ini terbuat dari rumput laut yang bila sudah menyentuh lidah, rasa khas rumput laut dibalut manisnya gula akan memanjakan lidahmu. Ketika ditelan, teksturnya yang lembut langsung hancur dan sangat mudah ditelan oleh tenggorokan. Jajanan ini pun terbilang sehat karena kaya akan serat.

Bulung sering kali berwarna coklat dan akan dipotong dengan bentuk persegi panjang atau jajaran genjang dengan pisau bergerigi. Sering kali Bulung dijumpai di Pasar Sengol Klungkung dan warung-warung kecil yang menjual jajan Bali. Harga perbuahnya pun dijamin tidak akan membuat kantong kamu bolong, cukup dengan Rp 1.000 kamu sudah bisa menikmati sepotong Jajan Bulung.

Nah, sudah tidak sabar kan untuk datang ke Klungkung untuk mencoba kuliner-kulinernya yang lezat? Ayo buktikan sendiri! *ph

Komentar