nusabali

5 Kuliner yang akan Membuatmu Bersyukur Pernah Datang ke Klungkung

  • www.nusabali.com-5-kuliner-yang-akan-membuatmu-bersyukur-pernah-datang-ke-klungkung

Dijamin bikin lidah bergoyang dan tidak membuat kantong bolong.

KLUNGKUNG, NusaBali
Klungkung, kota kecil ini terletak di sebelah Tenggara pulau Bali. Bernama lain Semarapura, Klungkung dahulu adalah pusat pemerintahan raja-raja di Bali. Selain menjadi kota yang penuh sejarah, ada pula hal yang membuat orang selalu rindu untuk berkunjung ke Klungkung, hal tersebut yaitu kulinernya. Mau tahu apa saja itu?

Inilah 5 kuliner yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Klungkung versi NusaBali hingga membuatmu ingin datang lagi dan lagi.

1. Serombotan

Foto: Serombotan Klungkung .-NET

Jika kamu adalah penyuka pedas, maka kuliner satu ini wajib kamu coba. Kuliner ini kian dikenal sebagai kuliner maskot Kabupaten Klungkung yang banyak ditemui di Pasar Sengol Klungkung, yang mana terletak di sebelah timur Monumen Perjuangan Klungkung.

Berbahan dasar sayuran seperti kangkung, kacang panjang, bayam, toge, terong, serta kacang-kacangan yang direbus, Serombotan terasa lebih lezat ketika disiram bumbu khasnya yang dibuat dari kacang tanah, terasi, bawang putih, cabai, garam, dan gula yang ditumbuk dan digoreng dengan minyak kelapa. Sering kali Serombotan juga dinikmati dengan bihun yang direbus. Dengan atau tanpa nasi, Serobotan tetap lezat saat disantap

Serombotan pun disarankan dicampur terlebih dahulu dengan tangan jika inginkan cita rasa yang maksimal. Untuk mendapatkan seporsi Serombotan, kamu hanya cukup merogoh kocek senilai Rp 5.000 hingga Rp 8.000.

2. Mie Koples

Foto: Mie Koples .-Dok.NusaBali

Masih seputar kuliner pedas, jika kamu kurang suka dengan sayur, Mie Koples bisa jadi pilihan alternatif untuk menemani santap siangmu. Kuliner ini berbahan dasar bihun yang direbus dan disirami bumbu kacang pedas ala Serombotan. Tekstur bihun rebus yang lembut dan dipadukan dengan bumbu kacang gurih dijamin akan membuat lidahmu tidak henti bergoyang.

Mie Koples sangat nikmat disantap dengan tambahan kacang geles (red: kacang merah goreng), kecap manis, serta tambahan ketupat agar perut jadi lebih kenyang. Harga seporsi Mie Koples yaitu Rp.5000 yang juga sering ditemui di Pasar Sengol Klungkung dari pukul 15.00 WITA hingga petang.

3. Bubur Masak

Foto: Bubur Masak .-NET

Bubur Masak sering juga disebut Masak atau Masakan di berbagai daerah di Bali yang telah mengenal kuliner ini. Di berbagai daerah juga akan memiliki cara berbeda dalam menyajikan seporsi Bubur Masak. Lain halnya jika di Klungkung, Bubur Masak disajikan dengan bubur putih biasa lalu permukaannya diratakan dengan sendok, disirami dengan kuah/atau bumbu khas Bubur Masak Klungkung yang gurih, setelah itu akan dibubuhi dengan sayur urap atau olahan sayur pepaya muda parut yang telah diisi bumbu. Terakhir, Bubur Masak akan ditaburi dengan kacang kedelai yang menambah sensasi gurih di mulut ketika mengunyahnya. Daun pisang yang masih hijau sering kali digunakan sebagai wadah kuliner ini.

Bubuh Masak sering dijumpai di desa-desa di Klungkung ketika pagi menjelang karena kuliner ini sering dijadikan sarapan pagi oleh masyarakat, terutama di desa. Tekstur bubur yang lembut dan mudah dicerna dan dipadu dengan sayur sebagai pelengkap diyakini akan jadi suntikan tenaga untuk menjalani rutinitas sehari-hari. Bubur Masak Klungkung dipatok dari Rp 3.000 hingga Rp 5.000 per porsinya.


Komentar