nusabali

Pencuri Ikan di Nusa Penida Lolos

  • www.nusabali.com-pencuri-ikan-di-nusa-penida-lolos

Pada 2016 ada tiga kasus pencurian dan penangkapan ikan dengan racun dan kompresor.

SEMARAPURA, NusaBali
Sebuah perahu gedeg yang diduga mencuri ikan di kawasan konservasi perairan (KKP) Nusa Penida, Klungkung berhasil lolos dari kejaran petugas, Selasa (22/3) malam. Saat melakukan penelusuran, petugas di hadang gelombang air laut yang tidak bersahabat.

Informasi di Nusa Penida, Selasa sekitar pukul 20.00 Wita, seorang warga setempat memposting lewat media sosial (facebook) dan melaporkan ke petugas jaga. Disebutkan, ada sebuah perahu gedeg menuju zone kawasan konservasi perairan (KKP) Nusa Penida. Menindaklanjuti laporan itu, petugas terdiri dari unsur KKP, Polair, Camat dan tokoh masyarakat setempat, langsung bertindak.

Kepala UPT KKP Nusa Penida I Nyoman Karyawan mengatakan, petugas turun ke titik tersebut sekitar pukul 22.30 Wita. Namun, petugas belum menemukan perahu dimaksud. Karena gelombang laut cukup besar, arus keras dan angin mulai kencang. Maka petugas memutuskan untuk kembali, sekitar pukul 24.00 Wita. “Kami akan menyusun strategi untuk melakukan pemantauan,” ujar Karyawan Rabu (23/3).

Karyawan menambahkan, pada 2016 ini sudah ada tiga kasus pencurian dan penangkapan ikan dengan racun atau dengan kompresor. Mereka sebagian besar mencari ikan hias di zona KKP Nusa Penida. Dua kasus pencurian berhasil ditangkap, termasuk menyita peralatannya. Namun kali ini pencuri berhasil lolos. “Peran serta masyarakat sangat kami harapkan,” katanya. 7 w

Komentar