nusabali

Songsong Hari Kemerdekaan, Plaza Renon Galang Aksi Donor Darah

  • www.nusabali.com-songsong-hari-kemerdekaan-plaza-renon-galang-aksi-donor-darah

Dalam rangka menyongsong hari kemerdekaan, Plaza Renon kembali menggelar aksi donor darah pada Selasa (31/07), bertempat di Atrium Plaza Renon.

DENPASAR, NusaBali
Acara yang hanya berlangsung 3 jam dari pukul 11.00 hingga 14.00 WITA ini sukses menyedot animo masyarakat dan pengunjung Plaza Renon untuk turut mendonorkan darahnya. Jika sebelumnya Plaza Renon hanya berduet dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Provinsi Bali dalam aksi donor darah, maka kali ini giliran Rumah Sakit Prima Medika yang turut ambil andil dalam menyukseskan acara yang rutin diadakan 3 bulan sekali oleh pihak Plaza Renon.

Di stan RS. Prima Medika, pengunjung dapat secara gratis mengecek kesehatannya dan juga konsultasi seputar kesehatan dengan para dokter yang bertugas di sana.

“Ya, di sini pengunjung bisa cek kesehatan secara gratis, mulai dari tensi, gula darah, kolesterol, sampai asam urat.” Kata Dokter Agung, salah satu dokter yang bertugas di stan RS. Prima Medika.

Sebenarnya aksi donor darah akan dilaksanakan bulan Agustus nanti, namun datang kabar dari PMI Provinsi Bali bahwa pasokan darah telah menipis, sementara masih banyak yang memerlukan darah di luar sana. Maka, jadwal pun digeser menjadi bulan Juli.

Hal tersebut juga telah dikonfirmasi oleh PMI Privinsi Bali yang diwakili oleh Dokter Candra yang bertugas dalam aksi donor darah ketika ditemui oleh NusaBali pada (31/07) di Atrium Plaza Renon.

“Kami sangat menyambut baik dan positif kegiatan ini karena PMI sedang membutuhkan ketersediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan. Harapannya, agar acara ini dilaksanakan rutin, dan kami juga berterimakasih pada peserta yang bersedia donor untuk kesediaannya menolong PMI.” Papar Dokter Candra.

Menurut Shindy Merytha, selaku Marketing Communication Supervisor Plaza Renon, aksi donor darah yang diselenggarakan oleh Plaza Renon ini sebetulnya merupakan salah satu Corporate Social Responsibility (CSR) dari Plaza Renon dalam bentuk aksi kemanusiaan untuk membantu saudara-saudara kita yang kekurangan darah. Selain itu, kegiatan ini juga berfungsi untuk mengakomodir pihak manajemen Plaza Renon yang ingin mendonorkan darahnya.

Kata Shindy, Plaza Renon juga sangat terbuka bagi rumah sakit atau komunitas-komunitas peduli kesehatan yang ingin bergabung dan menyukseskan aksi donor darah selanjutnya.

“Tidak menutup kemungkinan untuk program selanjutnya, kami terbuka untuk rumah sakit lain atau komunitas-komunitas peduli kesehatan lainnya untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini.” Tutur Shindy saat ditemui pada kesempatan yang sama oleh NusaBali.

Shindy juga berharap agar masyarakat yang belum terbiasa donor darah agar tidak berstigma bahwa donor darah adalah hal yang mengerikan melainkan sebaliknya. Selain bermanfaat bagi diri sendiri, kita juga dapat membantu masyarakat luas yang membutuhkan. *ph

Video Liputan :

Komentar