nusabali

Tirtawan–Rochineng Sudah Bertemu

  • www.nusabali.com-tirtawan-rochineng-sudah-bertemu

Tokoh independen mulai didekati elite partai politik dalam hajatan Pilkada Buleleng. Salah satu tokoh independen yang bakal maju di Pilkada Buleleng, I Ketut Rochineng, dikabarkan mulai didekati elite parpol. 

Tokoh Independen Mulai Dilirik Elite Parpol 

DENPASAR, NusaBali
Anggota Fraksi Gabungan DPRD Bali dari Partai NasDem I Nyoman Tirtawan, mengatakan, sudah komunikasi dengan kandidat independen I Ketut Rochineng, membicarakan soal Pilkada Buleleng 2017. Tirtawan menyebutkan pertemuan dengan Rochineng sangat intens dilakukan oleh pihaknya selaku kader Partai Nasional Demokrat (NasDem).

”Saya dan Pak Rochineng sering bertemu dan diskusi bahas Pilkada Buleleng. Ya kan tidak ada persoalan, sah-sah saja,” ucap Tirtawan, kepada NusaBali, Sabtu (12/3).

Politisi asal Desa Bebetin, Kecamatan Sawan, Buleleng, ini menyebutkan dirinya bergerak atas dasar keinginan mencari sosok pemimpin. Sehingga bertemu dengan Rochineng membahas Pilkada Buleleng. 

“Kebetulan saya di Komisi I DPRD Bali dari Dapil Buleleng. Beliau salah satu tokoh yang diinginkan masyarakat maju di Buleleng. Soal pilkada, siapa yang akan maju, itu kita lihat prosesnya nanti,” imbuh Tirtawan.

Tirtawan mengatakan untuk Pilkada Buleleng harus melihat survei empirik. Bukan survei buatan atau pesanan calon sendiri. “Untuk Pilkada Buleleng saya hanya percaya survei independen. Soal komunikasi partai dengan tokoh-tokoh boleh saja. Nggak boleh ada larangan,” tegas anggota Komisi I DPRD Bali membidangi hukum perundang-undangan dan aparatur negara, ini.

Ketika ditanya adanya pertemuan antara Ketua DPC PDIP Buleleng Putu Agus Suradnyana yang sekaligus kandidat incumbent, dengan Ketua DPW NasDem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa, menurut Tirtawan itu hal yang biasa. “Komunikasi antara partai politik biasa. Namun di Buleleng, Partai NasDem tetap berhaluan dengan hasil survei,” tegasnya.

Tirtawan mengatakan pertemuan Agus Suradnyana dan Gunastawa belum tentu ada deal politik. Karena itu sebuah pembicaraan untuk menyatukan sebuah persepsi. “Surveinya nanti bisa Agus Suradnyana yang tertinggi, bisa Rochineng. Bisa juga kandidat lain. Kan survei kita yang empirik, atas dasar aspirasi rakyat. Bukan pesanan,” tuturnya.

Sementara kandidat independen yang diunggulkan menantang Agus Suradnyana di Pilkada Buleleng saat ini adalah Rochineng. Dia adalah Kepala BKD Pemerintah Provinsi Bali. Birokrat asal Desa Petemon, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, ini kini sedang dilirik banyak partai untuk diusung di Pilkada Buleleng. 

Rochineng kepada NusaBali mengatakan diajak berkomunikasi dengan sejumlah tokoh di Buleleng. “Komunikasi dengan tokoh-tokoh memang berjalan. Tetapi kita lihat dulu. Saya tidak bisa komentar banyak dulu,” ujarnya.

Soal gerakan turun di Buleleng bagi-bagi sembako dan kegiatan kesenian, Rochineng pun menegaskan dirinya melakukan aksi sosial untuk menghibur masyarakat. “Yang saya lakukan itu aksi sosial kemasyarakatan. Sudah lama itu, bukan karena mau pilkada,” ucapnya. 7 nat

Komentar