nusabali

Usung Tema Piala Dunia Demi Tekan Angka Golput

  • www.nusabali.com-usung-tema-piala-dunia-demi-tekan-angka-golput

Suasana Piala Dunia juga tercipta di TPS 7 Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jembrana. Saat coblosan Pilgub Bali hari ini, 7 petugas KPPS di TPS tersebut akan kenakan jersey tim favorit mereka dalam Piala Dunia 2018

Keunikan TPS 5 Banjar Ubung, Kelurahan Sempidi, Kecamatan Mengwi

MANGUPURA, NusaBali
Tempat Pemungutan Suara (TPS) 5 Banjar Ubung, Kelurahan Sempidi, Kecamatan Mengwi, Badung, boleh jadi merupakan salah satu TPS paling unik saat coblosan Pilgub Bali, Rabu (27/6) ini. Pasalnya, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS ini sengaja mengusung tema ‘Piala Dunia 2018’, sebagai upaya meningkatkan partisipasi pemilih dan menekan angka Golput. Bahkan, petugas yang dikerahkan...

TPS 5 Banjar Ubung, Kelurahan Sempidi berlokasi di Jalan Raya Dalung-Sempidi, tepat sebelah barat Patung Hanoman Sempidi di Jalan Lingkar Selatan Pusat Pemerintahan (Puspem) Badung. Pada hH-1 coblosan Pilgub Bali, Selasa (26/6), TPS 5 ini tampak sudah ramai, bahkan ada personel kepolisian berjaga.

Saat NusaBali berkunjung kemarin siang, nuansa Piala Dunia 2018 sangat tersasa begitu hendak memasuki gerbang Bale Banjar Ubung di mana TPS 5 berada. Di situ terpasang deretan bendera dari 32 negara peserta Piala Dunia 2018. Ada juga terpasang bendera Merah Putih. Sedangkan di dalam TPS 5, juga terpasang bendera negara kontestan Piala Dunia 2018 dengan ukuran lebih kecil. Ada pula 32 bola plastik menyerupai bendera negara peserta Piala Dunia.

Informasinya, pihak KPPS di TPS 5 sengaja mengecat sendiri satu per satu bola tersbut agar motifnya menjadi bendera negara peserta Piala Dunia 2018. Karena penasaran, sejumlah warga pun berdatangan ke TPS 5 Banjar Ubung, Kelurahan Sempidi, Selasa kemarin untuk melihat dan menikmani nuansa serba Piala Dunia 2018 tersebut.

Ketua KPPS di TPS 5 Banjar Ubung, I Gusti Ngurah Martana, mengatakan ide awal membikin nuansa Piala Dunia 2018 ini muncul karena Pilgub Bali 2018 digelar bertepatan dengan momentum pesta akbar sepakbola sempat tahunan sejagat. Dengan tema Piala Dunia 2018 ini, pemilih diharapkan mau berbondong-bondong datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya. “Ini baru pertama kali kami lakukan, kebetulan momentumnya bersamaan dengan Piala Dunia 2018 di Rusia,” jelas IGN Martana kepada NusaBali.

Martana mengatakan, bukan hanya lokasi TPS 5 yang dihias sedemikian rupa, namun 7 anggota KPPS yang bertugas di TPS 5 juga berencana menggunakan konstum Piala Dunia 2018 saat pencoblosan Pilgub Bali, hari ini. “Ya, besok (hari ini) anggota KPPS semuanya akan menggunakan kostum Piala Dunia. Tapi, mereka tetap menggunakan kamben dan udeng, hanya kaosnya yang bernuansa Piala Dunia,” papar Martana yang juga Kelian Banjar Ubung, Kelurahan Sempidi.

Dengan nuansa serba Piala Dunia ini, kata Martana, pihaknya berharap angka Golput dalam Pilgub Bali 2018 dapat ditekan. Pada Pilkada Badung 2015 lalu, angka Golput di Banjar Ubud mencapai sekitar 10 persen. Berdasarkan data yang ada, terdapat 594 pemilih yang akan nyoblos di TPS 5 Banjar Ubung, Kelurahan Sempidi.

Sedangkan anggota KPPS di TPS 5 Banjar Ubung, I Made Gede Dwipayana, mengatakan pasca pencoblosan dan penghitungan suara Pilgub Bali 2018 nanti, pernak-pernik Piala Dunia di TPS 5 tidak akan langsung dicopot. Namun, nuansa Piala Dunia itu akan didiamkan selama sehari sebagai kenang-kenangan. “Kita biakan dulu atribut bola barang sehari, lusanya baru kita lepas,” papar Dwipayan.

Sementara itu, TPS bernuansa Piala Dunia 2018 juga dibangun KPPS di TPS 7 Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Jembrana. Di sini juga tampak hiasan berupa bola plastik dan sejumlah bendera kecil negara kontestan Piala Dunia 2018. Juga dipasang spanduk berukuran 3 meter x 1,5 meter berisi gambar sejumlah pemain sepakbola top dunia, dengan bertuliskan FIFA World Cup & Pilgub Bali 2018.

Sedangkan penunjuk arah di depan gang menuju TPS 7 Kelurahan Baler Bale Agung, menggunakan gambar kapten tim nasional Potrugal, Cristiano Ronaldo. Selain itu, 7 petugas KPPS di TPS 7 Kelurahan Baler Bale Agung juga mengenakan jersey tim favorit mereka dalam Piala Dunia 2018. Sementara di halaman TPS, dibangun miniatur lapangan sepakbola.

“Kami membuat TPS dengan tema Piala Dunia ini atas kesepakatan para anggota KPPS. Kebetulan, ada momentum Piala Dunia bersamaan dengan Pilgub Bali 2018. Biar pemilih tidak tegang, kami rancang dengan menonjolkan kesan Piala Dunia, agar lebih santai,” ujar Ketua KPPS 7 Kelurahan Baler Bale Agung, I Putu Robi Adi Astika, kepada NusaBali. *asa,ode

Komentar