nusabali

Lalin di Pertigaan Padangbai Krodit

  • www.nusabali.com-lalin-di-pertigaan-padangbai-krodit

Lampu traffic light (TL) mati di pertigaan Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem.

AMLAPURA, NusaBali
Dampaknya lalulintas (lalin) krodit sejak tiga bulan lalu. Jalur itu sangat berbahaya, rawan lakalantas. Terutama di jam-jam masuk dan pulang siswa. Sebab, di depan pertigaan itu ada SMKN Manggis.

Kepala Dinas Perhubungan Karangasem, Ida Bagus Putu Suastika, mengaku telah melakukan survei dan telah melaporkan TL mati ke Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII Bali-NTB. “Setelah kami survey, kami laporkan gangguan itu ke balaii,” ungkap Ida Bagus Putu Suastika di Amlapura, Minggu (24/6). Dikatakan, di pertigaan Desa Padangbai tepatnya di Banjar Tengading, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, merupakan jalur ke Pelabuhan Padangbai yang arus lalulintasnya padat 24 jam, ke timur menuju Amlapura dan ke barat jalur Denpasar.

Satu hal yang menyulitkan di saat siswa SMKN Manggis hendak menuju ke sekolah. Sebab pintu gerbang sekolah persis menghadap pertigaan Desa Padangbai. Begitu juga di saat siswa pulang sekolah, saat keluar dari sekolah berhadapan dengan arus lalulintas yang krodit. Sehingga petugas Polsek Manggis berjaga-jaga untuk memudahkan siswa keluar masuk sekolah. Arus paling padat datangnya dari Denpasar menuju pelabuhan atau ke Amlapura, begitu sebaliknya dari Amlapura menuju Denpasar juga padat. Sehingga begitu pengendara tiba di pertigaan Desa Padangbai semuanya berhenti, saling mengatur jarak.

Kondisi paling menyulitkan di saat malam hari, suasananya remang-remang, banyak kendaraan yang melintas hendak menyeberang di pertigaan Desa Padangbai. Sementara hanya lampu kuning saja yang menyala. Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII Bali-NTB, Agung Hartono, mengaku  baru mendapatkan laporan setelah dikonfirmasi NusaBali. Padahal Dinas Perhubungan Karangasem telah melayangkan laporan terkait gangguan itu. “Kami baru mengecek kondisinya Senin, menurunkan tim dan lakukan perbaikan,” jelas Agung Hartono.

Agung Hartono mengaku belum bisa berikan keterangan secara rinci terkait gangguan lampu TL di pertigaan Desa Padangbai tersebut, karena selama ini belum terima laporan. Berbeda dengan gangguan lampu penerangan jalan dari Desa Padangbai, Kecamatan Manggis hingga jalan bypass Ida Bagus Mantra yang selama ini padam belum dilakukan perbaikan. Sebab masih melakukan proses hibah, karena asetnya milik Dirjen Bina Marga Pusat. Nantinya dihibahkan ke Dirjen Perhubungan Darat Kementerian PUPR. *k16

Komentar