nusabali

Perbaiki Pipa Bocor, PDAM Kerja Malam Hari

  • www.nusabali.com-perbaiki-pipa-bocor-pdam-kerja-malam-hari

Petugas PDAM Karangasem perbaiki pipa bocor di Jalan Untung Surapati, Amlapura, tepatnya di depan Mapolsek Karangasem, Kamis (17/5) malam.

AMLAPURA, NusaBali
Pipa berukuran 4 dim tersebut bocor sejak tiga hari lalu. Kebocoran terjadi di tengah jalan raya sehingga harus melakukan pembongkaran jalan. Agar tidak mengganggu arus lalu lintas, pekerjaan dilakukan pada malam hari.  

Direktur PDAM Karangasem, I Gusti Made Singarsi, mengaku petugasnya telah terbiasa melakukan penyambungan pipa di malam hari agar tidak mengganggu arus kendaraan dan pelayanan ke masyarakat. Selama tiga hari terjadi kebocoran pipa, Gusti Singarsi mengakui pelayanan kurang lancar di bagian Jalan Untung Surapati bagian timur, Jalan Sudirman, dan sekitarnya. Ia pun mengatakan sering terjadi kebocoran pipa di tengah jalan. “Awalnya pipa ditanam di pinggir jalan karena terjadi pelebaran jalan beberapa kali sehingga pipa jadinya tertanam di tengah jalan,” jelasnya.

Apalagi pipa warisan zaman Belanda tahun 1928 itu mengalami pelebaran jalan berkali-kali. Jika pipa warisan Belanda rusak, sangat sulit melakukan penyambungan karena pipa besi yang telah mengkarat. Gusti Singarsi mengakui selama ini kesulitan melakukan penanganan kebocoran pipa. Sehingga perlu melakukan audit bentangan pipa secara rinci di jalur-jalur jalan raya agar lebih mudah melakukan pemantauan dan perbaikan jika terjadi kerusakan. Selain banyak pipa yang tertanam di tengah jalan karena beberapa kali pelebaran jalan, juga banyak pipa yang telah rusak karena akar pohon perindang. Kesulitan tangani pipa bocor jika airnya terbuang ke bawah dan tidak muncul ke permukaan.

Kapolsek Karangasem Kompol I Nengah Berata turut membantu mengatur arus lalu lintas saat petugas PDAM melakukan penanganan kebocoran di depan Mapolsek Karangasem. Kompol Nengah Berata mengaku tidak mengalami gangguan pelayanan air bersih meski terjadi kebocoran pipa. Sebab pelayanan yang terganggu di Jalan Untung Surapati bagian timur. “Kami ikut bantu dengan mengatur lalu lintas agar pengendara lebih berhati-hati melintas karena ada petugas PDAM sedang bekerja di tengah jalan,” kata Kompol Berata. *k16

Komentar