nusabali

Tiga Kabupaten Absen Pawai Budaya

  • www.nusabali.com-tiga-kabupaten-absen-pawai-budaya

Tiga kabupaten di Bangli absen semarakkan pawai budaya HUT ke 814 Bangli yang digelar Jumat (11/5) mendatang.

BANGLI, NusaBali
Tiga kabupaten di Bangli absen semarakkan pawai budaya HUT ke 814 Bangli yang digelar Jumat (11/5) mendatang. Ketiga kabupaten yang absen yakni Buleleng, Karangasem, dan Kotamadya Denpasar. Kabupaten Buleleng absen karena sanggar peserta pawai sedang ujian sekolah, Kabupaten Karangasem dengan alasan nihil anggaran, sementara Denpasar masih menjajaki sanggar yang mau ikut pawai.

Kepala Bidang Kesenian Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bangli, I Nyoman Wiradana, mengatakan Provinsi Lampung juga urung ikut pawai budaya karena alasan anggaran. Dikatakan, panitia siapkan anggaran Rp 10 juta per partisipan dari luar Kabupaten Bangli. Meski ada beberapa kabupaten absen, Wiradana optimis pawai budaya tetap semarak. Pawai budaya menampilkan duta Bangli yang akan pentas di Pesta Kesenian Bali. “Perwakilan dari masing- masing kecamatan akan semarakkan pawai budaya ini,” ungkap Wiradana, Senin (7/5).

Wiradana menjelaskan, Kabupaten Buleleng tidak bisa ikut dikarena peserta sanggar sedang mempersiapkan ujian. “Sanggar sudah ditunjuk, namun peserta sanggar sedang mengikuti ujian,” ungkapnya. Sedangkan Kabupaten Karangasem tidak bisa tampil karena alasan tidak ada anggaran. Sementara Denpasar masih melakukan penjajakan sanggar yang akan mau ikut pawai budaya. “Jika dipaksakan tentu tidak akan optimal karena waktu pelaksanaan sudah dekat,” jelasnya. Ditambahkan, kabupaten yang ikut berpartisipasi yakni Jembrana, Klungkung, Gianyar, Tabanan, dan Badung. *e

Komentar