nusabali

Nyepi Bersamaan dengan Sholat Gerhana

  • www.nusabali.com-nyepi-bersamaan-dengan-sholat-gerhana

Hari Nyepi Tahun Baru Caka 1938, Rabu (9/3),  bertepatan Gerhana Matahari di wilayah Indonesia. Saat itu, bagi umat Muslim merupakan waktunya untuk menjalankan Sholat Gerhana. 

GIANYAR, NusaBali
Terkait hal itu, Polres Gianyar dan Muspida setempat bersama instansi terkait menggelar rapat di Ruang Rapat Utama Mapolres Gianyar, Senin (29/2).

Wakapolres Gianyar Kompol Riza Faizal SIK mengatakan, rapat koordinasi itu untuk persiapan Polres Gianyar mengamankan perayaan Hari Raya Nyepi nanti. Pengamanan melibatkan seluruh personel sejak Melasti sampai Ngembak Geni atau sehari setelah Nyepi. “Operasi cipta kondisi (Cipkon) akan dilaksanakan untuk mengantisipasi peredaran miras yang sangat riskan menjadi penyebab gangguan keamanan,” ungkap Wakapolres Faizal.

Terkait dengan pelaksanaan Sholat bersamaaan Penyepian, Kompol Riza mengatakan sudah berkoordinasi dengan pihak terkait yakni PHDI dan MUI. MUI sudah menyampaikan surat berupa seruan kepada umatnya untuk Sholat di mushola-mushola terdekat. “Agar pelaksanaan ibadah masing-masing umat tetap berjalan khidmat,” tegas Kompol Riza.

Ketua Forum Koodinasi Umat Beragama (FKUB) Gianyar Cokorda Gde Partha Sunia, usai rapat itu, menjelaskan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, saat menjelang Nyepi ada pawai ogoh-ogoh. Ogoh-ogoh tidak boleh melewati batas desa masing-masing. “Ini akan segera disosialisasikan oleh desa pekraman kepada masyarakatnya, untuk antisipasi kejadian yang tidak diinginkan” ujarnya.

Cok Partha menambahkan, pada saat Nyepi umat Muslim juga akan melaksanakan Sholat Gerhana. Ibadah ini agar dilakukan penuh toleransi. “Sholat Gerhana bisa dilakukan di masjid atau musholla terdekat sehingga kekhusukan perayaan Nyepi tidak terganggu dan toleransi umat beragama tetap terbina,” jelasnya. 7 cr62

Komentar