nusabali

Susi Masuk Daftar Panjang Cawapres Jokowi

  • www.nusabali.com-susi-masuk-daftar-panjang-cawapres-jokowi

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengaku siap jika diperintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Cawapres.

JAKARTA, NusaBali

PDIP menyebut nama Susi memang menjadi salah satu yang masuk dalam daftar panjang kandidat cawapres Jokowi."Nama-nama beken yang banyak disebut-sebut media, saya tahu masuk daftar panjang (long list)," kata Ketua DPP PDIP, Hendrawan Supratikno kepada wartawan, Jumat (27/4).

Ia menjelaskan penjaringan nama cawapres Jokowi masih terus dilakukan. PDIP memiliki daftar pendek (short list) dan daftar prioritas (priority list) cawapres. "Sebagai parpol, radar kami tentu lebih sensitif untuk menjaring nama-nama bakal calon dibanding media atau organisasi lainnya. Karena menjaring bakal calon merupakan salah satu tupoksi kami," ujar anggota DPR yang duduk di Komisi XI itu.

"Namun siapa yang dari long list masuk ke daftar pendek (short list) dan daftar prioritas (priority list), itu kewenangan ketum (Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri)," imbuh Hendrawan. Ia memastikan penentuan nama-nama itu akan dibahas bersama parpol pengusung Jokowi pada Pilpres 2019. Selain oleh PDIP, Jokowi saat ini diusung bersama PPP, Golkar, NasDem, dan Hanura. "Kriteria masuk short list kan adanya dukungan partai-partai. Kriteria priority list kan ada kecocokan atau kedekatan (chemistry) dengan capresnya," ucap Hendrawan dilansir detik.com.

Presiden Jokowi sebelumnya sempat 'menggoda' Susi soal posisi wapres. Nama Susi disebut Jokowi saat meresmikan keramba jaring apung lepas pantai di Pelabuhan Pendaratan Ikan Cikidang, Pangandaran. Susi meminta Menhub dan Menteri PUPR mengeruk sungai di dekat Pantai Pangandaran agar bisa dilewati kapal nelayan. Jokowi, dalam acara tersebut, lantas bicara soal 'perintah' kepada menteri yang seharusnya menjadi wewenangnya.

"Jangan-jangan Bu Susi ini pengin jadi presiden, pengin jadi wapres ini kelihatannya," kata Jokowi bercanda disambut tawa warga. Susi pun kemudian memberi sinyal kesiapan. Susi menjawab dorongan itu dengan pernyataan 'siap', tapi tetap menyerahkannya kepada Joko Widodo. "Kalau beliau perintahkan," kata Susi saat ditanya wartawan soal kesiapan dirinya maju pada Pilpres 2019, Kamis (26/4). *

Komentar