nusabali

KPU Bali Tetap Rancang Pilgub Langsung

  • www.nusabali.com-kpu-bali-tetap-rancang-pilgub-langsung

KPU Bali menargetkan awal Maret 2016 anggaran sudah selesai disusun, menyesuaikan dengan regulasi yang ada.

Walau Ada Wacana Pilgub Digelar Melalui DPRD

DENPASAR, NusaBali
Meskipun ada wacana Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 dilakukan melalui DPRD, namun KPU Bali tetap akan melaksanakan rancangan tahapan Pilgub dengan pemilihan langsung. KPU Bali baru akan menyesuaikan kalau ada perubahan peraturan.

Ketua KPU Provinsi Bali, Dewa Made Wiarsa Raka Sandhi usai sosialisasi Pilkada langsung 2017 di Kantor KPU Bali, Jalan Tjokorda Agung Tresna Denpasar, Selasa (23/2) mengatakan wacana pemilihan melalui DPRD tidak mempengaruhi pelaksanaan penyusunan tahapan Pilgub Bali 2018. 

“Kami tidak terpengaruh dengan wacana pemilihan melalui DPRD. Kami tetap menyiapkan tahapan Pilgub seperti peraturan yang berlaku sekarang, yakni UU 8 Tahun 2015 Tentang Pilkada,” ujar Raka Sandhi. 

Menurut Raka Sandhi kalau peraturan sebelumnya pemilihan langsung oleh rakyat maka tahapan yang dirancang adalah pemilihan langsung oleh rakyat. “Ya kami menyiapkan pemilihan langsung oleh rakyat. Kecuali nanti ada perubahan, itu baru kita mengikuti situasi saat adanya perubahan,” kata Raka Sandhi.

Kata Raka Sandhi untuk jadwal pelaksanaan Pilgub Bali diperkirakan akan dilaksanakan antara Juni 2018. “Rancangan Pilkada serentak itu diperkirakan Juni 2018. Pelaksanaannya tanggal berapa nanti KPU RI akan menetapkan jadwalnya. Saat ini UU Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Pilkada masih dalam proses revisi. Apapun hasilnya kami tunggu,” ujar mantan aktivis GMNI ini.

Raka Sandhi menegaskan dana Pilgub sendiri belum dirancang. Untuk masalah dana akan dibahas segera. Mulai dana pra Pilgub hingga anggaran Pilgub. “Sebagaimana 2013 ada pra Pilgub butuh dana, misalnya sosialisasi di media. Rapat koordinasi yang kita lakukan dengan pihak terkait. Barulah anggaran Pilgubnya (inti) tahapannya sendiri,” tegas Raka Sandhi.

Pihaknya menargetkan awal Maret 2016 anggaran sudah selesai disusun, menyesuaikan dengan regulasi yang ada. Demikian juga diharapkan jajaran Bawaslu, TNI dan Polri, Satpol PP dan Kesbangpol juga menyusun, sehingga dari sana akan dikombinasikan untuk diajukan pada pemerintah daerah.

Sementara terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak 2017, KPU Bali kemarin mengadakan rapat koordinasi dengan KPU Buleleng, Bawaslu Bali, KPU Kabupaten dan Kota se Bali, Polda, Kodam IX/Udayana dan SKPD Pemprov Bali terkait. KPU Bali juga menghadirkan KPU RI divisi perencanaan keuangan dan logistik, Arif Budiman untuk melakukan sosialisasi.

Untuk Pilkada Buleleng 2017 kata Raka Sandhi mengatakan sudah dilakukan langkah- langlah persiapan oleh KPU Buleleng berkoordinasi dengan KPU Bali. Terutama menyangkut tahapan dan anggaran.”Kita sudah lakukan langkah persiapan dengan anggarannya juga,” tegas Raka Sandhi. 

KPU Bali tetap juga melakukan penyusunan anggaran. Karena KPU Bali bertugas  sebagai supervisi. “Kita kan juga melakukan supervisi, rapat- rapat koordinasi juga. Jadi anggaran juga kita bahas dalam rangkaian kepentingan tugas KPU Bali,” tegas pria asal Desa Yeh Sumbul Kecamatan Mendoyo Jembrana ini. 7 nat

Komentar