nusabali

Empat SMA/SMK di Tabanan Gelar Try Out UNBK

  • www.nusabali.com-empat-smasmk-di-tabanan-gelar-try-out-unbk

Empat sekolah SMA/SMK di Tabanan menggelar try out perdana berbasi komputer, Senin (15/2). 

TABANAN, NusaBali
Keempat sekolah itu tiga di antaranya dari SMK yakni SMKN 1 Tabanan, SMKN 2 Tabanan, SMKN 3 Tabanan. Satu-satunya SMA yang menggelar try out Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kemarin yakni SMAN 2 Tabanan. 

Kepala SMKN 3 Tabanan, I Ketut Suardana, 55, mengatakan ujian try out berbasis komputer digelar dari tanggal 15-18 Februari 2016. SMKN 3 Tabanan bisa selenggarakan try out berbasis komputer karena telah didukung sarana dan prasarana memadai. Dikatakan, SMKN 3 Tabanan yang berlokasi di Banjar Bunut Puhun, Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur siap menyelanggrakan UNBK karena memiliki 106 unit komputer. “Dari segi prasarana kami sudah siap,” tandas  Suardana. 

Diterangkan, 106 unit komputer yang dimiliki bersumber dari dana sekolah sebanyak 70 unit, dana alokasi khusus (DAK) sebanyak 19 unit, dan bantuan dari Telkom 20 unit. Try Out jelang UN menggunakan 3 sesi sehari dalam 1 mata pelajaran dengan soal yang berbeda-beda untuk siswa. Sementara untuk fasilitas internet, SMKN 3 Tabanan bekerjasama dengan salah satu jasa telekomunikasi plat merah. “Gangguan internet bisa diantisipasi karena kami menggunakan fiber optik,” terang Suardana. 

Ke depan, SMKN 3 Tabanan tak hanya gunakan komputer untuk UN, tetapi dirancang untuk ulangan umum. Menggunakan komputer dinilai praktis dan tidak ribet, karena siswa tak perlu lagi menulis dengan sistem menebalkan pakai pensil yang membutuhkan waktu bermenit-menit. Dari tenaga pengawas juga tidak susah, tidak lagi mencari soal sampai begadang dan membutuhkan tenaga pengawasan banyak. “Kalau memakai sistem komputer jauh lebih efisien,” jelasnya. 

Salah seorang peserta ujian, Ni Putu Dian Andiani 18, mengaku lebih praktis ujian pakai komputer. Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, I Putu Santika mengatakan, ujian try outjuga digelar di SMKN 1 Tabanan, SMKN 2 Tabanan, SMKN 3 Tabanan dan SMAN 2 Tabanan. 7 cr61

Komentar