nusabali

Jelang Nyepi, Aparat Keamanan Atensi Peredaran Petasan dan Miras

  • www.nusabali.com-jelang-nyepi-aparat-keamanan-atensi-peredaran-petasan-dan-miras

Menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1940, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung mengimbau masyarakat tidak menyalakan petasan dan sejenisnya termasuk tidak menjual minuman keras.

MANGUPURA, NusaBali

Imbauan ini terutama pada saat pangerupukan, sebab berpotensi menimbulkan gesekan. “Untuk melarang kan bukan ranahnya kami, jadi kami hanya bisa mengimbau masyarakat,” kata Kepala Satpol PP Badung IGAK Suryanegara usai memberikan pengarahan kepada Linmas se-Badung, Senin (5/3).

Satpol PP siap kapanpun mendukung aparat kepolisian demi terciptanya keamanan bersama pada saat perayaan Nyepi. “Kami bekerja sama dengan pihak kepolisian. Juga menggandeng masyarakat adat melalui pecalang dan Linmas di masing-masing desa untuk memberikan pengamanan maksimal,” tegasnya.

Tak hanya itu, mantan Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), itu juga mengaku berkoordinasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Badung. “Kami koordinasi dengan Kesbangpol, nanti dari Kesbangpol akan berkoordinasi dengan FKUB. Dengan begitu, semua pihak bisa bersinergi untuk kelancaran rangkaian Hari Raya Nyepi ini,” tandasnya.

“Mari bersama-sama jaga kekhusukan Hari Raya Nyepi, serta menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan sekitar,” tutur Suryanegara. Kepada Linmas yang sengaja dikumpulkan kemarin, Suryanegara juga menekankan terkait semakin dekatnya pelaksanaan Pilgub, Pileg maupun Pilpres. “Karena sudah dekat, kami imbau agar Linmas bisa membantu menjaga keamanan di wilayah masing-masing,” imbuhnya.

Pada bagian lain, Kapolsek Petang AKP Ketut Edi Susila juga mengimbau hal serupa. Saat ini, kata dia sosialiasi sedang dilakukan ke desa-desa. “Kami sosialisasi dumun (dulu) ke desa-desa, hari ini (kemarin) kami sosialisasi di Desa Pelaga, dan besok (hari ini) rencana di Desa Sulangai,” ujarnya.

“Kami juga rencana akan mengirimkan surat edaran ke desa adat, pada intinya pada saat prosesi pangerupukan dan pada saat Nyepi diimbau tidak mengkonsumsi minuman keras. Larangan kan sudah dilarang melalui Perda, tetapi ditegaskan lagi, diimbau kembali,” tegasnya.

AKP Edi Susila memastikan akan menerjunkan kekuatan penuh untuk menjaga keamanan pada saat pangerupukan dan pada saat Catur Brata Penyepian. “Astungkara Petang aman,” imbuhnya. *asa

Komentar