nusabali

Hari Ini KPU Jembrana Rampungkan Verifikasi Parpol

  • www.nusabali.com-hari-ini-kpu-jembrana-rampungkan-verifikasi-parpol

Verifikasi parpol calon peserta Pemilu 2018 juga dilakukan KPU Jembrana.

NEGARA, NusaBali

Sejak dimulai, Selasa (30/1) hingga Rabu (31/1) kemarin, sudah ada 8 di antara 12 parpol lama atau parpol peserta Pemilu 2014 yang telah diverifikasi faktual dan dipastikan telah memenuhi syarat. Sedangkan pada hari terakhir, Kamis (1/2) hari ini dijadwalkan verifikasi terhadap 4 parpol lama yang tersisa, ditambah 2 parpol baru.

Ketua KPU Jembrana, Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya mengatakan, untuk melakukan verifikasi faktual, pihaknya membagi dua tim. Pada hari pertama, Selasa (30/1) ada 4 parpol yang diverifikasi faktual, yakni NasDem, PKB, PKS dan PDIP. Sedangkan, Rabu kemarin juga ada 4 parpol, yakni Golkar, Gerindra, Demokrat, dan PAN. "Dari yang sudah diverifikasi faktual sampai hari ini (kemarin) sudah semua dinyatakan memenuhi syarat. Tinggal besok (hari ini) ada 6 parpol lagi," ujarnya saat ditemui di sela verifikasi faktual di DPC Demokrat Jembrana, Rabu kemarin.

Sisa 6 parpol yang akan diverifikasi faktual, Kamis hari ini, 4 diantaranya parpol lama, yakni PPP dan Hanura pada pukul 10.00-12.00 Wita, serta PBB dan PKPI pada pukul 12.00-14.00 Wita. Sedangkan 2 parpol lainnya yang dijadwalkan pada sore hari pukul 16.00-18.00 Wita,  adalah Partai Berkarya dan Garuda yang notabene parpol baru. "Kalau belum memenuhi syarat, nanti masih ada kesempataN perbaikan tanggal 3 sampai 5 Februari, dan diverifikasi faktual tanggal 6 Februari," jelas Darmasanjaya didampingi Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jembrana, I Ketut Gede Tangkas Sudiantara. Sebenarnya, menurut Darmasanjaya, ketika memasuki dua minggu masa pendaftaran kepesertaan Pemilu 2019 pada bulan Oktober 2017 lalu, KPU Jembrana sempat menerima kedatangan 17 parpol. Dari 17 parpol itu, 5 diantaranya merupakan parpol baru, yakni Perindo, Garuda, Berkarya, Rakyat dan PIKA. Namun oleh KPU RI, 4 diantara 5 parpol baru itu dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi pendaftaran, yakni Garuda, Berkarya, Rakyat dan PIKA. Sedangkan hanya Perindo saja yang dinyatakan lolos, dan juga dipastikan memenuhi syarat ketika diverifikasi faktual KPU Jembrana. *ode

Komentar