nusabali

Tahun Ini Perbankan Pacu Pertumbuhan

  • www.nusabali.com-tahun-ini-perbankan-pacu-pertumbuhan

Tahun 2018 ini menjadi saat yang tepat bagi kalangan perbankan untuk memacu pertumbuhan kinerja, baik dalam penyaluran kredit dan pengumpulan dana pihak ketiga.

PALEMBANG, NusaBali
Demikian ditegaskan anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Ahmad Hidayat, seusai acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan di Palembang, Selasa (23/1).

Menurutnya,  arahan ini tak lain karena kalangan perbankan diperkirakan menuntaskan proses restrukturisasi internal dan adanya sejumlah indikator positif mengenai bakal membaiknya pertumbuhan ekonomi di masa datang. "Mungkin tahun lalu perbankan sibuk restrukturisasi, namun memasuki tahun 2018 bisa dikatakan selesai. Artinya, kini sudah bisa ngebut dalam penyalurkan kredit ke masyarakat," kata Ahmad Hidayat.

Berdasarkan data OJK diketahui bahwa pemodalan lembaga jasa keuangan Indonesia relatif kuat yang ditunjukkan dengan CAR perbankan sebesar 23,36 persen. Sementara rata-rata CAR Perbankan di kawasan ASEAN-5 hanya 18 persen.  Dengan begitu, keleluasaan dana di sektor perbankan untuk menyalurkan pinjaman sekitar Rp 640 triliun. *ant

Komentar