nusabali

Temu Wirasa II di Kecamatan Klungkung

  • www.nusabali.com-temu-wirasa-ii-di-kecamatan-klungkung

Setelah menggelar temu wirasa di Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Jumat (19/1), Pemkab Klungkung melanjutkan temu wirasa II di Kecamatan Klungkung, Klungkung.

Bupati Hibahkan Tanah kepada Perbekel Gelgel


SEMARAPURA, NusaBali
Acara ini dipusatkan di Balai Budaya Ida I Dewa Agung Istri Kanya, Kota Semarapura,  Senin (22/1). Kegiatan tersebut dipimping Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta. Hadir, Sekda Klungkung Gede Putu Winastra, seluruh kepala OPD (organisasi perangkat daerah) di lingkup Pemkab Klungkung, perbekel serta bendesa se-Kecamatan Klungkung. Temu wirasa ini merupakan untuk menyerap aspirasi langsung dari masyarakat. Karena dalam temu wirasa, masyarakat dapat memberikan saran maupun kritikan terkait program Pemkab Klungkung.

Bupati Suwirta memaparkan program dan pelbagai inovasi yang sudah dibuat, serta capaian yang diperoleh. Selama empat tahun kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, capaian yang diraih antara lain peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebelumnya tahun 2013 hanya Rp 67,4 miliar, pada tahun 2017 menjadi Rp 153,37 miliar atau naik 127,5 persen.

Jelas Bupati Suwirta, proses peningkatan PAD itu belum ekspansif, namun baru melalui intensifikasi. Dengan demikian, Klungkung masih memiliki peluang sangat tinggi untuk meningkatkan PAD dari sumber-sumber ekstenstifikasi. Seperti memanfaatkan potensi yang terdapat di galian C dan lainnya. “Saya berharap agar masyarakat bisa menerapkan program Gema Santi di dalam perilaku sehari-hari. Program Gema Santi dimaksudkan untuk mengajak masyarakat agar bersifat santun,” ujarnya.

Jelas Bupati Suwirta, Pemkab Klungkung juga punya program Yowana Santi untuk membantu Pemkab Klungkung dalam menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran di desa desa, lanjut meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa. Program ini melibatkan anak muda yang menjadi pelopor gerakan masyarakat santun dan inovatif di desa, tempat para yowana bertugas. Dalam temu wirasa II ini, Bupati Suwirta menyerahkan Hibah Tanah kepada Kelian Banjar Puri, Desa Pekraman Gelgel, AA Gde Bagus dengan tujuan pembangunan Balai Banjar Puri, desa setempat. Hibah tanah dan bangunan juga kepada Perbekel Desa Gelgel I Nengah Soma untuk pembangunan Kantor Perbekel Gelgel, juga menyerahkan Kartu JKN-KIS kepada warga Desa Pakraman Selisihan dan Desa Tegak, Klungkung.*wan

Komentar