nusabali

Longsor dan Pohon Tumbang 'Kepung' Badung

  • www.nusabali.com-longsor-dan-pohon-tumbang-kepung-badung

Pohon tumbang di Pura Dalem Palimunan, Banjar Kangin, Sempidi, mengakibatkan kerusakan Bale Pesandekan dan Pelinggih Beji.

MANGUPURA, NusaBali

Rentetan bencana terus terjadi di wilayah Kabupaten Badung. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung,  telah terjadi longsor dan pohon tumbang di sejumlah titik. Sepanjang Kamis (23/11) bencana terjadi di antaranya di jalan Kubu Anyar, Banjar Jaba Jero, Lapangan Kresek, Kecamatan Kuta, Badung, sekitar pukul 19.00 Wita. Bencana pohon tumbang menimpa rumah dan pemiliknya bernama Jero Arta. Korban sempat dilarikan ke rumah sakit karena menjadi korban. Kejadian tersebut mengakibatkan korban mengalami kerugian Rp 50 juta lebih.

Pohon tumbang juga terjadi di Pura Dalem Palimunan, Banjar Kangin, Sempidi. Bencana tersebut mengakibatkan kerusakan Bale Pesandekan dan Pelinggih Beji di Pura Dalem Palimunan. Pohon yang tumbang itu jenis pohon jabon dengan tinggi sekitar 35 meter dan diameter 2 meter. Pohon tumbang ini disebabkan karena hujan deras dan angin kencang. Kerugian ditaksir Rp 500 juta.

Masih di hari yang sama, Kamis (23/11) sekitar pukul 19.45 terjadi longsor di Jalan Baha – Abiansemal atau di kawasan Banjar Busana Kaja, Desa Baha, Mengwi menuju Abiansemal. Tinggi longsor mencapai 10 meter dan menutup badan jalan sepanjang sekitar 20 meter.

Dalam penanganan rentetan bencana tersebut, BPBD langsung dibantu jajaran kepolisian, TNI, serta masyarakat. Beruntung bencana yang terjadi tak menelan korban jiwa.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung Ni Nyoman Ermy Setiari, menyatakan rentetan bencana yang terjadi sudah mendapat penanganan. “Begitu ada informasi atau laporan, kami langsung terjun ke lokasi,” ujarnya. Ia mengingatkan agar warga tetap waspada terhadap perubahan cuaca, terutama meningkatnya intensitas hujan.

Ermy Setiari kembali mengimbau masyarakat terutama yang berada di wilayah rawan bencana, agar segera melapor kepada pihak terkait, sehingga bencana bisa langsung ditangani. “Kalau ada permasalahan kebencanaan kami harapkan masyarakat agar segera melapor, supaya bisa ditangani segera,” ucapnnya. *asa

Komentar