nusabali

PMI Siapkan 75 Relawan Terlatih

  • www.nusabali.com-pmi-siapkan-75-relawan-terlatih

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buleleng menyiagakan 75 orang relawan khusus untuk diterjunkan dalam pengungsian erupsi Gunung Agung.

SINGARAJA, NusaBali
Bahkan puluhan relawan tangguh tersebut siap membantu segala jenis bantuan yang diperlukan di pengungsian. Ketua Markas PMI Kabupaten Buleleng, Made Pasek Yasa dihubungi Senin (2/10) menjelaskan bahwa relawan yang khusus disiagakan di pengungsian erupsi gunung agung adalah relawan tangguh. Tidak hanya memberikan pertolongan pertama, tetapi mereka juga mengambil seluruh pekerjaan yang memerlukan bantuan.

Mulai dari pendirian tenda, bantuan ambulans hingga suplai air bersih yang bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng dan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kabupaten Buleleng. “Ini sudah tugas kami sebagai PMI yang harus terjun disituasi seperti ini, kami siapkan 75 orang relawan yang memang tanggung untuk penanggulangan bencana,”kata dia.

Khusus untuk bantuan suplai air bersih, PMI Buleleng juga memanfaatkan mobil tangki air milik PMI Bali. Bersama dengan BPBD dan PDAM Buleleng, PMI Buleleng secara bergiliran memasok kebutuhan air di pengungsian yang ada di sejumlah titik di Kecamatan Tejakula. Selain itu juga dilakukan pengisian bak air di masing-masing desa yang menjadi pos pengungsi.

“PMI bisa menangani semuanya, apa yang bisa dikerjakan langsung kami kerjakan untuk memperingan beban mereka yang sedang tertimpa musibah,” kata dia. 

Pasukan PMI Buleleng yang terlihat andal di lapangan juga nampak menyuplai sejumalh kebutuhan material pengungsian, mulai dari tenda, terpal termasuk baby kit dan selimut bagi para pengungsi. *k23

Komentar