nusabali

Pastika Minta KPU Teruskan Pendataan Pemilih

  • www.nusabali.com-pastika-minta-kpu-teruskan-pendataan-pemilih

Hampir dua minggu setelah ditetapkannya status Gunung Agung ke level IV atau Awas, Gubernur Bali Made Mangku Pastika tegaskan kondisi keamanan di Karangasem dan para pengungsi aman dan kondusif. 

Kondisi Gunung Agung Kondusif

DENPASAR, NusaBali
Untuk itu ia mempersilahkan jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali untuk melakukan verifikasi data para pemilih untuk Pilgub Bali 2018 dan Pemilu 2019. 

Hal itu disampaikan Gubernur Pastika saat menerima audiensi jajaran KPU Bali di ruang kerja Gubernur, Denpasar, Senin (2/10). Pastika menegaskan tidak perlu terlalu khawatir akan kondisi Gunung Agung, sebab semua sudah terkendali dengan baik, dan jangan terlalu membesar-besarkan berita di media. 

“Kalau dibandingkan tahun 1963 tentu beda, sekarang mitigasi bencana kita sudah lebih bagus, peranan pemerintah juga sudah lebih efektif tidak seperti dulu serta teknologi informasi kita makin canggih, jadi kita bisa meminimalisir kemungkinan terburuk, tidak seperti dulu,”jelasnya. 

Bahkan saat ini, pengungsi yang berada di luar KRB (Kawasan Rawan Bencana) sudah dipulangkan, karena memang diperkirakan daerahnya aman dari erupsi Gunung Agung. “Jadi KPU bisa langsung verifikasi data ke desa-desa tersebut. Jadi sekali lagi gak usah panik dan gak usah bikin panik, karena semua sudah tertangani dengan baik,” tegas Pastika.

Terkait verifikasi data pemilih, saat ini Pemprov tengah membuat Kartu Khusus Pengungsi. Untuk itu, KPU bisa mencocokkan data juga dengan kartu tersebut. Ketua KPU Bali, Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi menjelaskan terkait verifikasi data pemilih jelang Pilgub Bali 2018, Pileg maupun Pilpres 2019 mendatang, pihaknya ingin memastikan tentang kondisi kawasan di sekitar Gunung Agung kepada Gubernur Bali. Di samping itu, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah, karena banyak masyarakat yang mengungsi, agar jalannya verifikasi data menjadi lancar. *sur

Komentar