nusabali

Maja Winaya Terpilih Jadi Kadisdukcapil

  • www.nusabali.com-maja-winaya-terpilih-jadi-kadisdukcapil

Untuk 8 jabatan lainnya, besar kemungkinan yang terpilih mereka yang berada pada posisi pertama hasil seleksi pansel.

8 Jabatan Lainnya Tunggu Rekomendasi Walikota


DENPASAR, NusaBali
Salah satu jabatan yang diikutsertakan dalam lelang 9 jabatan eselon II yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Denpasar telah ditentukan siapa pejabatnya. Dari tiga pejabat yang diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang berkewenangan menentukan dan merekomendasikan pejabat yang baru di lingkup Disdukcapil, Kemendagri memilih I Made Maja Winaya yang saat ini menjabat sebagai Wakil Direktur Administrasi Umum RSUD Wangaya untuk menempati posisi tersebut. Sedangkan 8 jabatan lainnya masih menunggu rekomendasi dari Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra.

Maja Winaya merupakan salah satu pilihan panitia seleksi (Pansel) bentukan Pemkot Denpasar yang berada di urutan pertama hasil seleksi dengan nilai 78,32, sedangkan dibawahnya ada Dewa Gde Juli Artabrata yang menjabat sebagai Kepala Bagian Pemerintah dan otonomi daerah Sekretariat Daerah Kota Denpasar dengan nilai 77,71, sedangkan di posisi ketiga ada I Nyoman Artayasa yang sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Pembantu Wilayah II Inspektorat Kota Denpasar dengan nilai 76, 79. Jadi, keputusan yang diambil Kemendagri sama dengan pilihan pansel.

Kepala Badan Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Denpasar I Ketut Mister, saat dikonfirmasi, Minggu (1/10) mengatakan penentuan Maja Winaya sebagai Kadisdukcapil merupakan keputusan dari Kemendagri yang diterima oleh BKPSDM pada Jumat (28/9). Namun hingga saat ini belum diajukan ke Sekda Denpasar untuk nantinya disampaikan ke Walikota Denpasar karena terhalang hari libur Sabtu dan Minggu.

Sementara untuk saat ini kata Mister, 8 jabatan lainnya belum diterima hasil penentuan dari Walikota Denpasar karena menunggu rekomendasi dari Kemendagri agar bisa dilantik bersamaan.  Untuk 8 jabatan lainnya, menurut Mister, besar kemungkinan yang terpilih mereka yang berada pada posisi pertama hasil seleksi pansel.

"Itu menurut saya perkiraannya sama dengan yang direkomendasikan Kemendagri, ya tentunya yang berada di posisi pertama. Tetapi kita tunggu dulu rekomendasi resminya, mungkin sudah ada bayangan dari Pak Wali," kata Mister. Untuk saat ini kata dia, yang menempati posisi pertama pilihan pansel di masing-masing jabatan yakni jabatan Kasatpol PP posisi pertama ditempati I Dewa Gede Anom Sayoga yang saat ini menjabat sebagai sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan

Sementara IB Joni Ariwibawa yang saat ini menjabat sebagai Camat Denpasar Barat menempati posisi pertama pada seleksi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar. Asisten I Kota Denpasar ditempati oleh I Made Toya yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sekretariat Kota Denpasar. Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar ditempati Maria Antonia Dezire Muliani yang saat ini menempat Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kota Denpasar. Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Denpasar ditempati oleh I Made Pasek Mandira yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Denpasar.

Sedangkan Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Denpasar ditempati oleh I Gusti Ngurah Mandala Putra yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar. Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar ditempati oleh I Gusti Ngurah Bagus Mataram yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Denpasar, dan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Kota Denpasar ditempati oleh AA Ngurah Bagus Airawata yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Denpasar. "Kedelapannya itu merupakan pilihan pansel, jadi itu kembali keputusannya ada di tangan Pak Walikota, tapi tetap saya yakin tidak ada perubahan," tandasnya.

Sementara, Sekda Kota Denpasar AA Ngurah Rai Iswara saat dikonfirmasi membenarkan adanya surat rekomendasi yang turun dari Kemendagri khusus untuk Disdukcapil. Namun kata Rai Iswara, pihaknya hingga saat ini belum menerima surat tersebut. "Saya sudah dapat kabar turunnya (Surat Kemendagri, red) baru Jumat namun mungkin karena hari Sabtu dan Minggu kemungkinan besok akan turun dari BKPSDM ke sini," ujarnya.

Rai Iswara mengatakan, dengan turunnya surat rekomendasi tersebut dipastikan Walikota akan memberikan secepatnya rekomendasi dari 8 jabatan lainnya karena hingga saat ini menurut Rai Iswara, pihaknya belum mengetahui siapa yang disetujui untuk dilantik dari Kemendagri karena surat masih berada di BKPSDM, begitu juga keputusan Walikota yang sampai saat ini belum diterimanya.

"Kata Walikota masih menunggu Surat Keputusan Kemendagri itu, kan biar bisa samaan dilantiknya. Jadi setelah surat itu masuk langsung akan saya ajukan ke Walikota mudah-mudahan cepat ditanggapi dan dilantik jadi bersabar dulu pasti kita akan umumkan, kan saat ini tinggal pemilihan saja, persetujuan Dewan juga sudah kami dapatkan," ungkap Rai Iswara.

Sedangkan Maja Wisnaya saat dikonfirmasi via telpon mengatakan belum mengetahui keputusan apapun terkait pengumuman eselon II hingga saat ini masih menunggu keputusan resmi dari Pemkot Denpasar. Kata Naja Wisnaya, ia akan melakukan tugasnya jika memang benar-benar ada keputusan resmi dari pemkot Denpasar. "Saya belum tahu hingga saat ini, saya baru bisa berkomentar setelah adanya pengumuman resmi dan dilantik. Jadi jika nantinya sudah resmi ya saya akan bekerja dengan baik sesuai dengan ranahnya. Jadi mohon maaf dulu ya saat ini saya belum bisa berkomentar banyak," terangnya. *cr63

Komentar