nusabali

Dermaga Ponton Diperbaiki, Penyeberangan Andalkan 6 Dermaga

  • www.nusabali.com-dermaga-ponton-diperbaiki-penyeberangan-andalkan-6-dermaga

Pelayanan penyeberangan di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk agak tersendat. 

NEGARA, NusaBali
Penyebabnya, Dermaga Ponton sedang diperbaiki dan belum bisa dioperasikan. Pelayanan penyeberangan sementara ini hanya mengandalkan 6 dermaga lainnya.

Manager Usaha PT ASDP Pelabuhan Gilimanuk, Heru Wahyono, mengatakan, adanya perbaikan Dermaga Ponton yang dilakukan di Pelabuhan Ketapang maupun Pelabuhan Gilimanuk merupakan pemeliharan rutin. Perbaikan meliputi pergantingan beberapa bagian dermaga agar lebih kuat dan aman. “Initinya untuk pelayanan. Bagian-bagian yang sudah lama, dan memang sudah harus diganti, diganti dengan yang baru,” terang Heru Wahyono, Jumat (22/9).

Perbaikan Dermaga Ponton mulai digarap sejak Rabu (20/9), ditarget rampung pada Sabtu (30/9) mendatang. Selama perbaikan Dermaga Ponton, otomatis hanya dibuka 6 dermaga yakni MB I, MB II, MB III, serta 3 Dermaga LCM. Begitu juga dengan 5 kapal motor penumpang (KMP) yang biasa beroperasi di Dermaga Ponton ikut diistirahatkan. “Perbaikan Dermaga Ponton di Gilimanuk sudah selesai, tinggal finishing. Sementara di Ketapang masih dikerjakan,” ungkap Heru Wahyono.

Meski hanya mengandalkan 6 dermaga, Heru Wahyono memastikan tidak akan terlalu berdampak terhadap terhadap aktivitas penyeberangan. Menurutnya, penyeberangan masih sangat lancar karena selama perbaikan Dermaga Ponton ini, tidak ada hari libur. “Tidak ada momen kepadatan arus penyeberangan. Kami sudah perhitungkan dalam perencanaan perbaikan,” tambahnya.

Diakui, hari pertama perbaikan Dermaga Ponton, Rabu (20/9), sempat terjadi penumpukan truk di Pelabuhan Ketapang. Penumpukan truk juga dikarenakan ada truk mogok di Dermaga MB II sehingga hanya bisa menggunakan 5 dermaga. “Penumpukanya masih di dalam areal pelabuhan dan tidak begitu lama,” terangnya. Setelah truk yang sempat menganggu di MB II berhasil dievakuasi, arus penyeberangan kembali lancar. “Penumpukan dari pukul 17.00 Wita dan sudah normal sekitar pukul 23.00 Wita,” tuturnya. *ode

Komentar