nusabali

Mumi Amenemhat Ditemukan di Samping Amenhotep

  • www.nusabali.com-mumi-amenemhat-ditemukan-di-samping-amenhotep

Penemuan baru terjadi di tanah Mesir.

LUXOR, NusaBali
Mumi dengan nama seorang raja Mesir di era sebelum Masehi ditemukan. Bisa membuka tabir penemuan-penemuan selanjutnya. Dilansir dari CNN, mumi dan artefak ditemukan dari makam berusia 3.500 tahun di dekat Luxor, selatan Mesir. Makam ini diduga dulunya milik seorang tukang emas dan istrinya yang ditandai oleh penemuan patung keduanya.
 
"Makam yang terletak di pekuburan Draa Abul Nagaa ini berisi mumi, sarkofagus, patung, pot, serta artefak lainnya," ungkap Kementerian Benda Bersejarah Mesir, Sabtu (9/9). Pemimpin tim ekspedisi Mesir, Mostafa Al-Waziri menyebut artefak tersebut sebenarnya milik Amenemhat, nama seorang raja, dan istrinya Amenhotep dari dinasti ke-18 kerajaan Mesir.
 
Mumi dengan nama Raja Mesir Anemhenat ditemukan di kawasan Luxor, Mesir selatan. Mumi Anemhenat berada di samping istrinya, Amenhotep.Lokasi makam tempat penemuan mumi itu diperkirakan berumur sekitar 3.500 tahun. Pemimpin tim ekspedisi Mesir, Mostafa Al-Waziri menyebut artefak tersebut sebenarnya milik Amenemhat, nama seorang raja, dan istrinya Amenhotep dari dinasti ke-18 kerajaan Mesir.
 
Walau Amenhotep biasanya adalah nama lelaki, tetapi petunjuk di lokasi mengarahkan Amenhotep sebagai 'nyonya rumah'. Belum bisa dipastikan apakah mumi ini sosok seorang raja atau bukan. "Makam yang terletak di pekuburan Draa Abul Nagaa ini berisi mumi, sarkofagus, patung, pot, serta artefak lainnya," ungkap Kementerian Benda Bersejarah Mesir, Sabtu (9/9) seperti dilansir detik.
 
Dari halaman makam terdapat pintu yang mengarah ke ruang beberapa meter persegi. Di dalamnya ditemukan dua sosok patung yang agak terpisah, mengarah pada Anemhenat dan Amenhotep. Di bawah kaki keduanya terdapat sosok patung kecil yang diduga anaknya. Makam tertutup tersebut diduga sudah pernah digunakan kembali. Pasalnya, ditemukan pula sarkofagus dari dinasti ke-21 dan 22.
 
Ada dua lubang galian di sana, dan salah satunya diduga merupakan bekas galian mumi Amenemhat dan Amenhotep. Sementara dari lubang galian di halaman ditemukan pula mumi seorang wanita dan dua anak perempuannya. Dari analisis awal terungkap bagaimana mereka semasa hidup hingga mengalami penderitaan karena penyakit. *

Komentar