nusabali

Beras Lokal Kalah Saing di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-beras-lokal-kalah-saing-di-nusa-penida

Berbagai terobosan dilakukan Pemkab Klungkung untuk menyeimbangkan harga sembako khususnya harga beras di Klungkung daratan dan Nusa Penida. 

SEMARAPURA, NusaBali
Di antaranya, distribusi beras lokal melalui BUMDes, yang sudah berjalan sejak Kamis (25/5) lalu. Sehingga beras lokal yang biasa dijual di Nusa Penida per kilogramnya berkisar Rp 11.000 ke atas, dengan program ini, masyarakat bisa memperoleh dengan harga Rp 9.700. Karena BUMDes tidak boleh mematok harga di atas Rp 9.700/kg karena sudah disubsidi transport oleh Pemkab Klungkung.

Dengan upaya tersebut, ternyata permasalahan tentang beras terutama di Nusa Penida, belum berakhir. Karena dari dulu sebagian besar warga Nusa Penida sudah terbiasa mengkonsumsi beras kemasan bermerek yang cukup terkenal. Sehingga dalam memasarkan beras lokal di Nusa Penida masih cukup sulit.

“Beras-beras bermerek yang notabene asal Banyuwangi, Jatim itu mengambil beras lokal di Klungkung,” ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, kepada NusaBali, belum lama ini. 

Kata dia, saat ini masih ada anggapan kalau kualitas beras lokal itu kurang baik. Padahal kualitasnya bisa jauh lebih baik, karena didistribusikan langsung dari petani.

Maka dari itu Bupati Suwirta akan melakukan pembahasan dengan KUD yang telah diajak bekerja sama untuk mengemas beras-beras lokal tersebut semenarik mungkin. Kemudian beras itu diberikan nama khusus yang bersifat umum dan tanpa ada unsur politik. “Nanti KUD yang langsung mencetak dan mengemasnya sehingga bisa menekan inflasi,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Suwirta mengatakan dalam pendistribusian beras lewat BUMDes akan banyak menyerap beras untuk dipasarkan kepada masyarakat. Namun dirinya tidak menampik akan timbul gejolak dari para pedagang beras karena harga jual BUMDes yang lebih murah. Untuk itu, Bupati meminta para pengelola BUMDes untuk merangkul para pedagang beras. Para pedagang perlu diberi penjelasan bahwa program ini adalah murni demi kesejahteraan masyarakat utamanya untuk warga yang kurang mampu.

Diharapkan, disamping dapat menurunkan inflasi, program penyamarataan harga beras ini juga merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan keadilan antara Klungkung daratan dan kepulauan Nusa Penida.*wa

Komentar