nusabali

Usulan Susi Tidak Pro Rakyat Pesisir

  • www.nusabali.com-usulan-susi-tidak-pro-rakyat-pesisir

Rencana Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mencabut subsidi solar bagi nelayan mendapat sorotan dari anggota Komisi IV DPR RI dari daerah pemilihan Bali A.A.

JAKARTA, NusaBali

Bagus Adhi Mahendra Putra atau biasa Gus Adhi. Menurut Gus Adhi, usul dari Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut menunjukkan tidak pro rakyat pesisir.
 
"Saya sangat menyayangkan, Menteri Susi Pudjiastuti yang akan mencabut subsidi solar untuk nelayan. Ini namanya tidak pro rakyat pesisir. Sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, dia seharusnya mengeluarkan visi mensejaterahkan masyarakat pesisir yang pro rakyat. Bukan malah sebaliknya," ujar Gus Adhi kepada NusaBali, Rabu (9/8)
 
Bagi Gus Adhi, kebijakan pro rakyat sangat penting. Apalagi mengenai subsidi solar untuk nelayan perlu menjadi perhatian. Sebab, itu merupakan komponen penting bagi nelayan agar bisa tetap melaut. Adanya pencabutan subsidi itu, lanjut pria dari fraksi Golkar ini, tentu bisa berdampak kepada nelayan.
 
Mereka tidak bisa melaut yang ujung-ujungnya menyebabkan nelayan gulung tikar. Dengan pencabutan subsidi tersebut, menurut Gus Adhi, tidak berpengaruh terhadap industri.

Melainkan sangat berpengaruh kepada nelayan. "Jadi jangan dicabut subsidi solar nelayan. Pencabutan subsidi bisa membuat nelayan gulung tikar," tegas Gus Adhi.

Jika alasan Menteri Kelautan dan Perikanan mencabut subsidi solar, lantaran selama ini banyak dinikmati oleh pengusaha-pengusaha besar, bagi Gus Adhi, itu bukan menjadi solusi menghadapi permasalahan tersebut.Justru semakin memberatkan nelayan. Oleh karena itu, perlu langkah tepat menanganinya.

"Seharusnya Menteri mencari solusi dengan cara memperdayakan suatu lembaga koperasi yang berada di kantong-kantong nelayan atau memberdayakan dan membangun stasiun pengisian bahan bakar nelayan (SPBN) yang fungsinya menyediakan bahan bakar yang dibutuhkan oleh para nelayan," jelasnya. *k22

Komentar