nusabali

Salat Idul Adha Akan Dilangsungkan di 183 Titik

  • www.nusabali.com-salat-idul-adha-akan-dilangsungkan-di-183-titik

DENPASAR, NusaBali - Kementerian Agama (Kemenag) Kanwil Provinsi Bali melalui Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut perayaan Idul Adha 1445 Hijriah yang jatuh pada Senin (17/6) mendatang.

Ketua Tim Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Bidang Bimas Islam, Kanwil Kemenag Provinsi Bali, Budiastuti Arieswati, mengungkapkan bahwa pihaknya telah melaksanakan kegiatan rukyatul hilal atau pengamatan hilal di Pantai Patra Jasa, Kuta, Legian, Kabupaten Badung, pada Jumat (7/6).

“Kami melakukan rukyatul hilal di Pantai Patra Jasa bersama tim rukyatul hilal Provinsi Bali yang terdiri dari Kanwil Kemenag Provinsi Bali, BMKG Wilayah III Denpasar, Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Bali, dan Pengadilan Agama Kabupaten Badung. Kami memilih kembali ke Pantai Patra Jasa karena tempatnya strategis dan cocok untuk pengamatan hilal,” jelas Budiastuti dikonfirmasi, Senin (10/6).

Menurut data dari BMKG, tinggi Hilal telah mencapai sekitar 8 derajat dengan sudut elongasi 11,15 derajat. Secara hisab ini memenuhi ketentuan yang mensyaratkan tinggi hilal minimal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat untuk menetapkan awal bulan Qomariyah.

“Sehingga, pengamatan hilal serentak seluruh Indonesia ini menghasilkan keputusan pada sidang isbat oleh Kementerian Agama pusat, bahwa hasil pengamatan mengonfirmasi 1 Dzulhijjah 1445 H jatuh pada 8 Juni 2024, sehingga Idul Adha akan dirayakan pada 17 Juni 2024,” ujar Budiastuti.

Mengenai persiapan lokasi salat Idul Adha, Budiastuti menyatakan bahwa hingga saat ini belum dapat dipastikan jumlah. Namun, dari data sementara, ada 183 titik lokasi yang disiapkan untuk menyelenggarakan salat Idul Adha di seluruh wilayah Bali. “Namun angka tersebut masih mungkin berubah karena ada kemungkinan beberapa lokasi yang tidak jadi melaksanakan,” tegasnya. 

Untuk diketahui, pada tahun lalu terdapat 163 titik lokasi yang menyelenggarakan salat Idul Adha. Di Denpasar sendiri, sudah terinput 41 lokasi yang siap menyelenggarakan salat Idul Adha. Rinciannya adalah 12 lokasi di Denpasar Barat, 7 lokasi di Denpasar Selatan, 12 lokasi di Denpasar Timur, dan 10 lokasi di Denpasar Utara.

“Persiapan tahun ini baru mencapai 50 persen. Kami masih menunggu data konfirmasi dari masing-masing kepala seksi bimas Islam setiap kabupaten mengenai lokasi masjid yang akan melaksanakan salat Idul Adha dan pemotongan kurban,” ujar Budiastuti.cr79

Komentar