nusabali

Diskominfo Gelar Pelatihan Operator Desa

Percepat Progres Data Desa Presisi

  • www.nusabali.com-diskominfo-gelar-pelatihan-operator-desa

TABANAN, NusaBali - Guna mempercepat progres terealisasinya Data Desa Presisi di Kabupaten Tabanan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar pelatihan bagi para operator desa se-Kabupaten Tabanan, di ruang rapat Dinas Kominfo setempat, Jumat (17/5).

Sekretaris Dinas Kominfo Tabanan I Gusti Putu Winiantara, dalam pengarahannya kepada para peserta pelatihan tersebut, mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara umum tentang aplikasi Data Desa Presisi. Selanjutnya, setelah diberi pelatihanLebih khusus lagi, para operator desa sudah bisa  melakukan penginputan data sesuai data yang dibutuhkan. Untuk tahap awal data yang diinput adalah data demografi (data kependudukan) di masing-masing desa setempat.

Winiantara menambahkan, untuk mewujudkan Data Desa Presisi, Diskominfo telah melakukan beberapa tahapan kegiatan, dimulai dari sosialisasi, instalasi, dan saat ini sudah sampai pada tahap pelatihan bagi para operator desa yang desanya sudah terinstal aplikasi OpenSID.

"Melalui pelatihan ini diharapkan dapat mempercepat proses pengumpulan, input data, dan pemutakhiran data desa, sehingga dapat mendukung perencanaan dan pembangunan yang lebih tepat sasaran di Kabupaten Tabanan," jelasnya. 

Dia menyebutkan, dengan adanya data yang akurat dan mutakhir, pemerintah daerah dapat lebih efektif dalam merumuskan kebijakan dan program pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.7des

Komentar