nusabali

Anggaran Perbaikan Pelabuhan Banjar Nyuh Rp 8,1 Miliar

  • www.nusabali.com-anggaran-perbaikan-pelabuhan-banjar-nyuh-rp-81-miliar

SEMARAPURA, NusaBali - Kementerian Perhubungan telah menggelontorkan Rp 8,1 miliar untuk perbaikan pelabuhan Banjar Nyuh, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung.

Perbaikan ini meliputi pekerjaan area darat U-Ditch, rigid beton jalan masuk pelabuhan, dan lampu penerangan pelabuhan. Saat ini proyek perbaikan pelabuhan Banjar Nyuh masih dalam proses lelang pusat.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Nusa Penida, Ni Luh Putu Eka Suyasmin, mengatakan fasilitas pelabuhan dan akses jalan merupakan aset Kementerian Perhubungan. 

Pada Tahun Anggaran 2024 telah teralokasi anggaran untuk pekerjaan area darat yakni pengadaan produk beton pracetak yang dibuat menyerupai huruf U (U-Ditch) diikuti pekerjaan rigid beton untuk jalan masuk pelabuhan dan  penambahan lampu penerangan pelabuhan. "Proyek ini masih proses lelang di pusat, mudah-mudahan Mei ini sudah bisa kontrak,” ujar Suyasmin, belum lama ini.

Terkait kerusakan pada jalan lintas atau caseway nantinya akan dimohonkan perbaikan melalui anggaran biaya tambahan (ABT) dalam tahun anggaran 2024. Dia berharap masyarakat bersabar karena masih dalam proses.

Kementerian Perhubungan berkomitmen mendukung penuh rehabilitasi dan pengembangan Pelabuhan Nusa Penida untuk mendukung konektivitas transportasi laut. Suyasmin juga berupaya mengusulkan anggaran terminal pelabuhan Nusa Penida. "Semoga bisa terealisasi pembangunannya di tahun 2025 nanti,” ujar Suyasmin. 7 wan

Komentar