nusabali

DPP Golkar Sebut Pj Gubernur Bali Masuk Bursa Cagub

  • www.nusabali.com-dpp-golkar-sebut-pj-gubernur-bali-masuk-bursa-cagub

DENPASAR, NusaBali - Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung membenarkan soal nama Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya masuk dalam daftar kandidat yang bakal diusung sebagai Calon Gubernur (Cagub) di Pilgub Bali 2024.

“Salah satu yang kami pertimbangkan untuk dicalonkan di Bali adalah Pj Gubernur,” kata Doli di sela-sela kunjungan kerja Komisi II DPR RI di Denpasar, Senin (6/5). Ahmad Doli mengatakan sejak 1,5 tahun lalu Partai Golkar sudah melakukan penjaringan calon kepala daerah di seluruh Indonesia termasuk Bali, dan saat ini mereka sudah mengantongi sekitar 1.200 nama kandidat dari 508 kabupaten/kota dan 37 provinsi yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2024.

Pj Gubernur Bali yang merupakan purnawirawan polisi tersebut masuk dalam daftar, dimana saat ini partai beringin masih mengerucutkan kandidat-kandidat mereka dalam survei lanjutan.

Ketua Komisi II DPR RI ini mengatakan saat ini mereka sudah memasuki tahap ketiga, yaitu survei untuk memantapkan nama terbaik, nantinya nama tersebut akan diumumkan pada bulan Juni 2024. “Nanti makanya, sekarang belum bisa mengatakan si A atau B atau C karena saat ini masih pemantapan penjaringan untuk Pak Pj Gubernur dan yang lainnya, nanti lihat muncul atau tidak, dalam survei bagus atau tidak,” ujarnya.

Setelah nantinya rekomendasi keluar pada bulan Juni, Partai Golkar berencana melakukan satu kali survei lagi, baru akhirnya jelang pendaftaran pada akhir Agustus mereka akan memberi keputusan. Selama proses Pilkada Serentak 2024 ini, Partai Golkar juga mengaku terbuka dengan seluruh partai politik untuk berkoalisi. Ahmad Doli mengakui dampak dari pemilihan presiden dan legislative (Pilpres-Pileg) yang dekat jaraknya dengan pilkada membuat kedekatan koalisi saat itu akan terjaga sampai pilkada, namun tak menutup kemungkinan daerah-daerah tertentu mencari peluang di luar.

“Karena koalisinya dekat pasti antara itu dulu, tapi pilkada tidak bisa disamakan dengan nasional, kami juga akan membuka komunikasi dengan semua partai politik walau mungkin tahap pertama Koalisi Indonesia Maju dulu,” kata dia. “Karena isu-isu dan kearifan lokal lebih kuat jadi belum tentu sama petanya, misalnya konstelasi politik di Bali, Partai Golkar terbuka membangun koalisi di pilkada,” sambungnya.

Sebelumnya Penjabat (Pj) Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya mengaku dirinya tidak tertarik masuk kancah politik praktis. Hal ini menanggapi DPD I Golkar Bali yang memasukkan namanya sebagai salah satu kandidat yang akan disurvei popularitasnya jelang Pilgub Bali 2024. Sebagai figur non kader Mahendra Jaya bersaing dengan kader Golkar, salah satunya Gde Sumarjaya Linggih alias Demer, anggota DPR RI asal Dapil Bali dari Partai Golkar. 

“Saya tidak pernah berpikir (Pilgub Bali 2024, Red), dan sampai saat ini saya tidak punya minat, nggak berani, saya bukan orang politik,” ujar Mahendra Jaya ditemui usai acara Dharma Santi Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1946 di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali (Art Center) Denpasar, Kamis (18/4). Mahendra Jaya mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Partai Golkar. Namun sekali lagi dia menegaskan tidak berencana untuk masuk ke ranah politik praktis. “Terus terang saya bukan orang politik, saya tidak berpikir untuk itu,” jelasnya. Bagaimana jika Golkar serius mengusungnya di Pilgub Bali nanti? Mahendra Jaya kembali menegaskan pilihannya. “Berpikir saja nggak kan ha ha ha,” imbuh 

Seperti diberitakan sebelumnya DPD I Golkar Bali bakal melakukan survei elektabilitas terhadap para kandidat yang akan diusung dalam tarung Pilkada mendatang. Termasuk Ketua DPD I Golkar Bali Nyoman Sugawa Korry juga masuk kandidat Calon Bupati (Cabup) Buleleng yang disertakan dalam survei. Sementara Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya juga masuk sebagai kandidat Calon Gubernur Bali. Dia masuk daftar kandidat yang akan disurvei bersama sejumlah nama lainnya. 7 ant, a

Komentar