nusabali

Sekretariat MDA Selat Siap Diplaspas

  • www.nusabali.com-sekretariat-mda-selat-siap-diplaspas

AMLAPURA, NusaBali - Pembangunan Sekretariat MDA (Majelis Desa Adat) Kecamatan Selat, Karangasem, lantai I, kelar. Rencananya bangunan ini akan diupacarai Pamlaspas Alit, Purnama Sadha, Buda Wage Menail, Rabu (22/4). Nantinya bangunan ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan konsolidasi prajuru desa adat se-Kecamatan Selat.

"Kami telah berupaya menuntaskan sebatas lantai I, dan pembangunan telah rampung, sehingga perlu diplaspas alit agar nantinya bisa dipergunakan," jelas Bendesa Alitan MDA Kecamatan Selat I Komang Sujana, di sela-sela memantau pembangunan Sekretariat MDA Kecamatan Selat, di Banjar Bambang Biaung, Desa Duda, Kecamatan Selat, Karangasem, Rabu (1/5).

Katanya, bangunan ini nanti bisa digunakan untuk paruman dan kegiatan sosial lainnya, "Warga masyarakat boleh pinjam gedung itu, untuk kepentingan sosial," tambahnya.

Terlebih lagi, jelasnya, gedung lantai I Sekretariat MDA Kecamatan Selat mampu menampung sekitar 150 orang.

Lantai I telah dipasang granit, begitu juga kamar kecil, tinggal menutup lubang dari lantai II, agar air tidak jatuh ke lantai I. Rencananya menurut I Komang Sujana, bagian lubang di lantai II terutama di atas tangga ditutup gunakan asbes, sehingga air tidak mengalir ke lantai I mana kala hujan mengguyur.

Finishing lantai I tersebut katanya menghabiskan anggaran Rp 30 juta, dikerjakan 10 tenaga kerja. Pembangunannya sejak awal bertahap, mengawali membangun tahun 2022 cukup lama terhenti karena kekurangan anggaran.

Bangunan di lahan 17 are, ke depan akan lebih optimal melayani 27 desa adat se-Kecamatan Selat. Petengen Alitan MDA Kecamatan Selat Jro Ketut Yasa juga membenarkan, sekretariat telah bisa difungsikan, setelah upacara mlaspas di Purnama Sadha itu. Oleh karena itu,  Sekretariat MDA Selat tidak lagi numpang di Kantor Camat Selat, yang selama ini tidak ada tempat untuk paruman.

Mulanya pembangunan bermodal uang tunai Rp 100 juta, sedangkan RAB (rencana anggaran biaya) Rp 1,3 miliar. Panitia hanya membeli material besi, dan semen. Sedangkan, keperluan pasir, koral, batu, dan sebagainya, dana punia dari bendesa yang mewilayahi galian C. 

Pembangunan berawal dari menggelar upacara nemakuh, ngantukang Ida Bhatara Sri, disinkrunkan peletakan batu pertama, Purnama Kadasa, Wraspati Paing Dukut, Kamis (17 Maret 2022). Berlanjut pembangunan pondasi gedung utama ukuran 8 meter x 20 meter, dan cor beton lantai II.

Patengen Alitan MDA Kecamatan Selat Jro Ketut Yasa, mengaku bersyukur bisa menuntaskan bangunan Sekretariat MAD Kecamatan Selat, sebatas lantai I, sehingga segera bisa difungsikan. "Ini berkat dukungan 27 desa adat se-Kecamatan Selat, dan dukungan semua pihak, sehingga terwujud Sekretariat MDA Kecamatan Selat," kata Bendesa Adat Geriana Kangin, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, tersebut.

Bukan saja tempat untuk pertemuan katanya, parkir dan garase juga telah tersedia. Tinggal menunggu anggaran selanjutnya buat finishing lantai II, palinggih padmasana, tembok panyengker dan penataan parkir.7k16

Komentar