nusabali

Nathan Tjoe A On Balik ke Belanda

  • www.nusabali.com-nathan-tjoe-a-on-balik-ke-belanda

DOHA, NusaBali - Pemain Timnas U-23 Nathan Tjoe A-On langsung kembali ke klubnya, SC Heerenveen, Belanda, usai mengantarkan Indonesia ke perempatfinal Piala Asia U-23 2024.

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga mengkonfirmasi Nathan sudah pulang ke Belanda dan kembali ke SC Heerenveen usai izin yang diberikan klub tersebut habis.

"Kami melobi klubnya Nathan (SC Heerenveen) dan dari hasil lobi tersebut mereka berat melepas Nathan. Lalu Pak Ketua (Erick Thohir) minta langsung minimal (diberi izin) sampai lolos delapan besar dari grup, memang target kita di sana," kata Arya Sinulingga, dalam rilis resmi PSSI, Senin (22/4).

Arya menjelaskan Nathan hanya diberikan izin selama seminggu untuk membela Garuda Muda lolos dari babak fase grup. Meski demikian, perlu upaya keras Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk memboyong Nathan agar bergabung Arhan Pratama dkk di Qatar. Klub enggan melepas Nathan karena Piala Asia U-23 bukan turnamen resmi FIFA.

Nathan ikut membawa Indonesia merebut satu tiket pertama kalinya ke perempatfinal Piala Asia U-23, usai mengalahkan Jordania 4-1, dalam  laga terakhir Grup A di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu (21/4) malam.

Nathan sendiri menyebutkan kemenangan atas Yordania menunjukkan mentalitas pemenang Garuda Muda. Dalam rilis resmi PSSI, Senin, Nathan mengatakan tim melakukannya dengan sangat baik, meski 

hanya perlu hasil imbang untuk lolos. Dia menilai, tim memainkan pertandingan seperti ingin memenangkannya.

“Kami benar-benar menunjukkan intensitas, dengan kuat, dengan bermain sebagai tim, saya pikir kami melakukannya dengan sangat baik, saya pikir kekuatan dari kita," kata bek 22 tahun itu.

Nathan memulai laga Piala Asia U-23 dengan bermain 39 menit melawan Qatar pada laga perdana saat Indonesia kehilangan Ivar Jenner yang terkena kartu merah dan kalah 0-2. Pada itu, Nathan mengisi pos lini tengah, dan saat melawan Australia dan Yordania, Nathan kembali di lini tengah dan bermain penuh.

Perjudian pelatih Shin Tae-yong berbuah manis dimana Nathan yang biasa menjadi bek kiri, menunjukkan kualitas Eropa-nya saat ditempatkan sebagai gelandang dengan sangat baik saat menyerang atau saat bertahan. Nathan kembali ke klubnya SC Heerenveen setelah mengantarkan Indonesia mencetak sejarah baru dengan ke perempat final Piala Asia U-23 2024. ant

Komentar