nusabali

Umat Buddha Denpasar Mulai Persiapan Waisak

  • www.nusabali.com-umat-buddha-denpasar-mulai-persiapan-waisak

DENPASAR, NusaBali.com - Puluhan umat terlihat bersemangat melakukan pembersihan Buddha Rupang di Vihara Buddha Sakyamuni (VBSM), Jalan Gunung Agung, Denpasar, Sabtu (20/4/2024). Kegiatan tersebut merupakan persiapan Mahajata atau ulang tahun vihara.

Pendeta Madya VBSM, Sutikno Gunawan, mengatakan, Mahajata diperingati pada satu purnama sebelum Waisak. Memperingati hari jadinya yang ke-32, VBSM akan menggelar kegiatan Sebulan Pendalaman Dhamma (SPD) mulai Selasa (23/4/2024) April. 

Kegiatan ini sekaligus sebagai persiapan menyambut Hari Tri Suci Waisak.

“Kami menyebutnya sebulan penuh berkah, karena tiap hari umat dapat melakukan kebajikan-kebajikan dengan datang ke vihara untuk mendengarkan dhamma, berdana, melatih pengendalian dengan berpuasa ala Buddhis dan menciptakan ketenangan batin melalui latihan meditasi,” ujar PMy Sutikno Gunawan kepada NusaBali.com, Sabtu (20/4/2024).

Koordinator SPD tahun 2024, Pendeta Muda Sudimin, menambahkan SPD telah rutin digelar sejak tahun 1998, sehingga tahun ini menjadi penyelenggaraan ke-26. 

“Sebagai pusat pendidikan dan informasi mazhab theravada, VBSM secara konsisten telah menyelenggarakan kegiatan ini rutin menjelang Waisak selama 26 tahun ini,” kata dia.

Lebih lanjut, Sudimin memaparkan, SPD tahun ini menghadirkan 19 pembicara terdiri dari 17 Bhikku (4 bertugas di Bali, dan lainnya dari berbagai daerah di Indonesia) serta 2 praktisi awam untuk menyampaikan uraian dhamma tiap malam mulai pukul 19.00 Wita di hari Senin-Sabtu. Sementara di hari Minggu, kegiatan dimulai pada pukul 08.30 WITA.

Diakui Sudimin, tidak mudah untuk menyelenggarakan kegiatan SPD ini. Apalagi dengan menghadirkan bhikku dari berbagai daerah di Indonesia. Pasalnya, kegiatan serupa juga diselenggarakan vihara-vihara di berbagai daerah. Sehingga ada vihara yang menyiasatinya dengan memajukan waktu penyelenggaraan.

“Karena itu kesempatan baik ini jangan sampai dilewatkan. Kami mengundang umat untuk selama sebulan ini menyimak santapan batin melalui SPD,” kata dia, seraya menambahkan kegiatan ini terbuka untuk umum. 

Setelah pembersihan Rupang Buddha dan sarana puja oleh pengurus dan umat, rangkaian kegiatan menyambut Mahajata akan dilanjutkan dengan acara Abhayadana (lepas burung) dan pembukaan SPD pada Selasa (23/4/2024). 

Di samping SPD, dalam Mahajata VBSM juga mengadakan Kursus Dasar Agama Buddha pada Sabtu (4/5/2024) dan seminar wanita oleh Forum Ibu-ibu Buddhis (FIB) pada Minggu (5/5/2024). 

Dalam rangkaian kegiatan jelang Waisak, VBSM juga menggelar tradisi Pindapatta (berdana makan kepada Bhikku) pada Kamis (9/5/2024) dan Pattidana (persembahan jasa kepada para leluhur) pada Minggu (19/5/2024). 

Diketahui, dalam tradisi Pindapatta, sejumlah bhikku akan berjalan kaki sepanjang Jalan Gunung Agung menuju VBSM untuk menerima persembahan makanan dari umat.

Puncak peringatan Hari Trisuci Waisak 2568 BE jatuh pada Kamis (23/5/2024) yang tahun ini mengambil tema ‘Memperkokoh Persatuan dalam Keberagaman’. Peringatan Waisak akan diisi dengan puja bakti kemudian  meditasi menanti detik-detik Waisak pada pukul 21.52.42 WITA.

Komentar