nusabali

Sebulan Penuh Berkah Sambut Trisuci Waisak di Vihara Sakyamuni

  • www.nusabali.com-sebulan-penuh-berkah-sambut-trisuci-waisak-di-vihara-sakyamuni

DENPASAR, NusaBali - Umat Budha bersiap menyambut Hari Raya Waisak pada 4 Juni 2023. Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, tahun ini Vihara Buddha Sakyamuni (VBSM) Denpasar kembali mengadakan rangkaian kegiatan menyambut perayaan Trisuci Waisak selama sebulan penuh.

Kegiatan sebulan penuh berkah dilaksanakan untuk ke-25 kalinya sejak VBSM didirikan. Diawali dengan ritual Mahajata (perayaan hari jadi VBSM ke-31) pada Kamis (4/5).  Di mana sudah menjadi 'tradisi' bagi VBSM dalam menandai hari jadi tidak dengan pesta atau perayaan berkesan hura-hura. Memaknai hari jadi vihara VBSM, panitia kembali menggelar program Sebulan Pendalaman Dhamma (SPD).

“Kami menyebutnya sebulan penuh berkah, karena tiap hari umat dapat melakukan kebajikan-kebajikan. Dengan datang ke vihara, tiap hari umat dapat mendengarkan dhamma, berdana, melatih pengendalian diri dengan berpuasa ala Buddhis, dan menciptakan ketenangan batin melalui latihan meditasi," ujar Ketua Karakasabha (pengurus) VBSM Sanjaya Gunawan, pada konferensi pers, Minggu (30/4). 

Peringatan ulang tahun VBSM diawali dengan pembersihan rupang Budha dan sarana puja oleh pengurus vihara dan umat, Senin (1/5). Selanjutnya pada Selasa (2/5) dan Rabu (3/5) dilaksanakan pembacaan paritta pemberkahan atau upacara puja mangala. 

Ritual Mahajata pada Kamis (4/5) dilanjutkan dengan uraian dhamma oleh Bhikkhu Sucirano Mahathera, sekaligus mengawali pelaksanaan SPD ke-25. Seperti penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, keseluruhan rangkaian SPD akan berakhir sebelum peringatan Trisuci Waisak pada 4 Juni 2023 mendatang. 

“Jadi ada tiga kegiatan utama yang akan dilaksanakan secara berturut-turut, yakni Mahajata, SPD ke-25, dan peringatan Trisuci Waisak. Seluruh rangkaian kegiatan melibatkan segenap umat. Hal ini dimaksudkan sebagai wujud syukur karena keberadaan Vihara Buddha Sakyamuni kian dirasakan manfaatnya oleh umat, terutama dalam menguatkan keyakinan akan Buddha Dhamma,” ujar Ketua Mahajata 2023 Seri Yanti.  

Foto: Pengurus VBSM menyiapkan serangkaian kegiatan penuh berkah menyambut Waisak 2023. -SURYADI

Sementara itu, Ketua SPD tahun ini, Pendeta Muda (PMd) Sudimin, menjelaskan ada total 18 pembicara yang didatangkan untuk menyampaikan uraian dhamma setiap malam mulai pukul 19.00 Wita, kecuali hari Minggu pukul 09.00 Wita. Sebanyak 17 pembicara adalah bhikkhu dari berbagai daerah di Indonesia. 

“Kami mengundang pembicara sesuai kepakaran masing-masing, kompetensi masing-masing dalam menguraikan topik yang ada. Mulai dari ulasan dhamma hingga topik keseharian yang aktual. Jadi ini kesempatan selama sebulan menyimak santapan batin yang beragam,” jelas PMd Sudimin sembari menegaskan, acara SPD terbuka untuk umum bagi siapapun yang tertarik dengan tema yang dibahas.

Di samping peringatan hari jadi vihara dan SPD, selama sebulan menjelang perayaan Trisuci Waisak di VBSM juga diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain seminar wanita bersama FIB (Forum Ibu-ibu Budhis) pada Minggu (14/5). Selain itu juga dilaksanakan upacara pelimpahan jasa untuk para leluhur atau pattidana, pada Minggu (28/5) dan tradisi pindapata (berdana makan kepada bhikkhu) sepanjang Jalan Gunung Agung menuju VBSM, pada Kamis (1/6).

Puncaknya, peringatan Trisuci Waisak 2567 BE yang tahun ini mengambil tema 'Memperkokoh Moral Membangun Kedamaian Bangsa', dilangsungkan pada Minggu (4/6).

“Selain memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Sang Buddha  yakni lahirnya pangeran Siddharta Gautama, Pangeran Siddharta mencapai penerangan sempurna sebagai Buddha, dan Sang Buddha parinibbana, peringatan hari Trisuci Waisak juga akan diisi dengan wisuda upasaka dan upasika dan abhayadana atau memberi rasa aman dengan melepas burung,” kata Koordinator Panitia Peringatan Trisuci Waisak 2023 VBSM Khema Suri Febriyanti. 7 cr78

Komentar