nusabali

PIK-R SMPN 2 Semarapura Lolos Tingkat Nasional

  • www.nusabali.com-pik-r-smpn-2-semarapura-lolos-tingkat-nasional

SEMARAPURA, NusaBali - Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Paramartha SMPN 2 Semarapura, Klungkung, lolos ke tingkat nasional. Para siswa sedang mempersiapkan diri untuk berkompetisi di tingkat nasional.

Ketua PIK-R Paramartha, Isprilya Hayuningdiah, mengatakan punya dua program inovatif yakni Bergizi dan Rangkul Berani. Inovasi unggulan lainnya yakni setiap minggu mengeluarkan buku cerpen digital yang berisi cerita edukatif seputar remaja.

Isprilya menceritakan perjalanan panjang hingga bisa lolos ke tingkat nasional. Diawali persiapan ke provinsi semenjak menjadi juara 1 umum PIK-R segmentasi berani terbaik di Kabupaten Klungkung dalam ajang GenRe Klungkung Competition (GKC). Menjadi PIK-R Percontohan Kabupaten Klungkung. “Kami sudah menjadi PIK-R Percontohan Kabupaten Klungkung sejak November 2023,” ujar Isprilya, Minggu (14/4). Menurutnya, PIK-R Paramartha bisa lolos ke tingkat nasional karena punya dua program inovatif yakni Berbagi Gizi (Bergizi) dengan kegiatan magibung. Para siswa harus membawa makanan bergizi. 

Inovasi kedua, Rangkul Berani, dengan membantu membangun serta mengembangkan PIK-R di daerah tertinggal terdepan dan terluar (3T) atau daerah yang harus didahulukan akses informasinya. Inovasi unggulan baru-baru ini yaitu cerita edukatif. Setiap minggu mengeluarkan buku cerpen digital yang berisi cerita edukatif seputar remaja yang akan disebarkan di media sosial. PIK-R Paramartha membutuhkan relasi. “Ini juga bentuk dari perjuangan kami. Kami selalu berusaha mencari relasi lebih dengan membuat perjanjian kerja sama, seperti dengan pejabat, dinas, dan media,” ujar Isprilya. 

Diharapkan, kerja keras selama ini, usaha, doa, dan dukungan dari berbagai pihak, PIK-R Paramartha bisa meraih hasil gemilang. “Kami harap di tingkat nasional nanti PIK-R Paramartha bisa menjadi terbaik,” harap Isprilya. Pembina PIK-R Paramartha, Suhariono, mengaku senang dan salut atas kerja keras semua pihak mulai dari Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas sosial, Puskesmas Klungkung II, PIK-R Barasatya, Kasek SMPN 2 Semarapura Ida Bagus Astawa SPd MPd, dan dewan guru. Anggota PIK-R Paramartha selama ini kompak menjalankan program. 7 wan

Komentar