nusabali

Bawa 2.434 Turis, Kapal Pesiar Pasific Explorer Lego Jangkar di Pelabuhan Benoa

  • www.nusabali.com-bawa-2434-turis-kapal-pesiar-pasific-explorer-lego-jangkar-di-pelabuhan-benoa

DENPASAR, NusaBali.com - Kapal pesiar raksasa Pasific Explorer membawa 2.434 penumpang dan 847 kru menyapa Pulau Dewata pada Kamis (11/4). Kapal berbendera Inggris ini lego jangkar di perairan Pelabuhan Benoa, mengantarkan para turis untuk menikmati keindahan Bali di periode libur Lebaran 2024.

Kapal pesiar berbendera Inggris itu tidak sandar di dermaga Pelabuhan Benoa, melainkan lego jangkar di sekitar wilayah perairan pelabuhan. Namun tidak semua penumpang turun ke daratan.

"Selama di Bali, para penumpang melakukan tur wisata," ungkap General Manager Pelindo Benoa Anak Agung Gde Agung Mataram.

Para turis yang turun diantar jemput secara bertahap menggunakan kapal tender menuju terminal kedatangan internasional Pelabuhan Benoa. Sekitar 20 bus besar telah disiapkan untuk membawa mereka ke berbagai destinasi wisata.

Kapal pesiar ini singgah di Bali selama setengah hari, mulai dari lego jangkar pada pukul 07.00 WITA dan dijadwalkan kembali bertolak ke Frementle, Australia, pada pukul 18.00 WITA.

Wisnu, pemandu wisata dari salah satu agen perjalanan, mengatakan para wisatawan mengunjungi berbagai destinasi wisata populer di Bali, seperti Kuta, Nusa Dua, Ubud, Bedugul, hingga Tanah Lot.

Penumpang Pasific Explorer tiba di terminal kedatangan internasional Pelabuhan Benoa di Denpasar, Kamis (11/4/2024). -ANTARA

Kapal pesiar Pasific Explorer dengan panjang 261 meter dan bobot 77.441 GT ini merupakan kapal pesiar ke-28 yang singgah di Pelabuhan Benoa tahun ini. Pelindo Benoa mencatat sebanyak 52 kapal pesiar mendaftar sandar selama 2024 dengan total 89.400 wisatawan mancanegara.

Pada tahun 2023, tercatat 48 kapal pesiar sandar di Benoa dengan 77.864 penumpang. Saat ini, Pelabuhan Benoa telah siap melayani kapal pesiar jumbo sandar (destination port) dan layanan embarkasi dan debarkasi penumpang (turn around).

Kapal pesiar terpanjang yang pernah sandar di Pelabuhan Benoa adalah Celebrity Solstice dengan panjang 317 meter pada Oktober 2023 yang membawa 2.814 penumpang.

Singgahnya kapal pesiar Pasific Explorer menjadi bukti geliat pariwisata Bali yang terus meningkat, khususnya di momen libur Lebaran 2024. Kehadiran para turis ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal dan membangkitkan semangat para pelaku usaha di Pulau Dewata. *ant

Komentar