nusabali

Truk Muat Batako Tabrak Kendaraan Pamedek

  • www.nusabali.com-truk-muat-batako-tabrak-kendaraan-pamedek

AMLAPURA, NusaBali - Truk dengan nomor polisi DK 8539 SY dikemudikan I Komang Adi, dari Banjar Bukcabe, Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Karangasem, nyemplung ke kebun jeruk akibat tidak kuat nanjak di tanjakan Banjar Palak, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Sabtu (6/4) pukul 15.00 Wita.

Sebelum nyemplung ke kebun jeruk milik mantan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, truk muat batako yang berjalan mundur tersebut sempat menabrak bagian depan kendaraan pamedek yang datang dari Pura Besakih.

Akibatnya, kendaraan pamedek Isuzu Panther warna silver DK 1684 CM dikemudikan I Kadek Merta, dari Banjar Sumbersari, Desa/Kecamatan Melaya, Jembrana, di bagian depannya ringsek.

Karenanya, rombongan pamedek itu tertahan, tidak bisa melanjutkan perjalanan pulang. Sebab, bagian kap mesin ringsek, radiator dan kipas AC terjepit, bagian bumper, dan grille penyok. Sehingga mobil itu tidak bisa dijalankan, walau mesin bisa dihidupkan.

Sopir truk Komang Adi menjelaskan, dia sebenarnya sudah biasa melintas di tanjakan tersebut, namun truk yang dikemudikannya dalam keadaan tanpa muatan. Saat kejadian, truk yang dikemudikannya memuat batako untuk dikirim ke Banjar Batusesa, Desa Menanga, Kecamatan Rendang. 

Awalnya melintasi tikungan dari arah barat lalu menurun di Banjar Palak, Desa Besakih, ke arah timur di tengah padatnya arus kendaraan pamedek di jalur meninggalkan Pura Besakih. Sesampainya di tanjakan, truk tidak kuat nanjak. Truk mendadak berhenti di puncak tanjakan, selanjutnya bergerak mundur, menabrak kendaraan pamedek yang ada di belakangnya. 

“Truk ini tidak kuat nanjak, makanya bergerak mundur. Saya tidak mampu mengendalikan,” kata Komang Adi.

Setelah menabrak kendaraan pamedek, truk tersebut kemudian nyemplung ke kebun jeruk milik mantan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri.

Menurut sopir Isuzu Panther Kadek Merta, rombongan pamedek berangkat dari Banjar Sumbersari, Desa/Kecamatan Melaya pukul 04.00 Wita. Tiba di Pura Besakih pukul 10.00 Wita dan kembali pukul 15.00 Wita. Rombongan berjumlah 7 orang. Akibat kecelakaan tersebut, seorang balita usia 3 tahun atas nama Putu Pradita mengalami luka benjol di kening.

“Saya menyaksikan truk itu tiba-tiba berhenti di puncak tanjakan, maunya saya mundur, tetapi kesulitan ada kendaraan pamedek di belakang. Kemudian truk menabrak bagian depan kendaraan saya,” kata Kadek Merta.

Pejabat Sementara Perwira Unit (PS Panit) Lalulintas Polsek Rendang Bripka I Made Sumardika yang melakukan olah tempat kejadian perkara, kemudian memanggil petugas PBMB (Perkumpulan Bengkel Mobil Bali) yang selama ini menangani kendaraan pamedek secara gratis, yang membangun pos di Terminal Banjar Kedundung, Desa Besakih, Kecamatan Rendang.

Petugas PBMB I Kadek Darma menjelaskan mengenai kondisi Isuzu Panther setelah ditabrak truk. “Mobil ini tidak bisa dijalankan, karena bagian radiator dan kipasnya nempel, mesti ditarik gunakan mobil derek,” jelas Kadek Darma. 

Hingga Sabtu petang, belum ada solusi untuk penanganan kendaraan pamedek tersebut. 7 k16

Komentar