nusabali

Kapolda: Arus Mudik Lancar

Pengamanan Ekstra saat Puncak Arus Mudik

  • www.nusabali.com-kapolda-arus-mudik-lancar

NEGARA, NusaBali - Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra meninjau situasi arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Sabtu (6/4) sore. Hingga memasuki masa puncak arus mudik per H-4 Lebaran, Sabtu kemarin, Kapolda memastikan bahwa situasi arus mudik di Bali masih berjalan lancar.

“Sampai hari ini (Sabtu kemarin), arus mudik di Bali berjalan lancar. Pengaturan dan kerja sama dengan pos terpadu dari pihak kepolisian lintas sektoral telah berjalan dengan baik, sehingga pelayanan kepada masyarakat pemudik dapat berjalan baik,” ujar Irjen Putra Narendra saat memberi keterangan pers di Pelabuhan Gilimanuk, Sabtu kemarin. 

Kapolda Irjen Putra Narendra menyampaikan, H-4 Lebaran atau Sabtukemarin diprediksi sebagai puncak arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk. Termasuk sehari sebelumya atau pada Jumat (5/4) malam, juga sudah terjadi lonjakan yang signifikan. Petugas terkait di Gilimanuk pun dipastikan sudah siap menghadapi puncak arus balik.

“Hari ini diperkirakan menjadi puncak arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk. Dan hari ini sampai malam juga dilakukan pengaman ekstra dari petugas pelabuhan maupun petugas pengamanan di Pelabuhan Gilimanuk. Kita harapkan semua berjalan lancar dan pemudik mencapai tujuan dengan selamat,” kata Irjen Putra Narendra.

Irjen Putra Narendra menjelaskan, telah disediakan 21 pos pengamanan yang tersebar di seluruh wilayah Bali. Kemudian juga 10 posko pelayanan dan 3 pos terpadu yang masing-masing tersebar di Bandara Ngurah Rai, Pelabuhan Gilimanuk, dan Pelabuhan Padangbai.

“Posko-posko itu didirikan untuk membantu pemudik. Kalau ada pemudik merasa capek dan membutuhkan tempat istirahat, silakan manfaatkan posko-posko sepanjang jalur mudik,” tegas Irjen Putra Narendra.

Disinggung mengenai adanya pembatasan operasional truk saat masa puncak arus mudik ini, Irjen Putra Narendra menyatakan, tidak semua truk dilarang beroperasi. Namun ada pengecualian untuk beberapa truk yang membawa sembako sehingga masih ada beberapa truk yang masih beroperasi. 

“Truk yang masih melintas itu truk yang mengangkut sembako. Truk yang mengangkut sembako mendapat prioritas, ini untuk kelancaran dan kesiapan Lebaran. Di pelabuhan juga sudah disiapkan truk-truk ke Dermaga LCM sehingga tidak mengganggu arus mudik,” ucapnya. 

Kapolda berharap arus mudik di Bali tahun ini dapat berjalan aman dan lancar. Untuk mencapai tujuan itu, diharapkan kerja sama dari seluruh masyarakat, termasuk petugas dan masyarakat yang mudik. 7 ode

Komentar