nusabali

Terminal Mengwi Masuki Puncak Arus Mudik Lebaran, Tiket Full Booked hingga Lebaran

  • www.nusabali.com-terminal-mengwi-masuki-puncak-arus-mudik-lebaran-tiket-full-booked-hingga-lebaran

MANGUPURA, NusaBali.com - Mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah memasuki arus puncak di Terminal Tipe A Mengwi, Sabtu (6/4/2024).

Suasana arus mudik di Terminal Mengwi sudah dirasakan sejak Jumat (29/3/2024) lalu. Sejak akhir bulan lalu, kenaikan jumlah keberangkatan armada dari Terminal Angkutan Antarkota Antarprovinsi (AKAP) Terminal Mengwi kembali terjadi pada Jumat (5/4/2024) sore.

Pengawas Terminal Tipe A Mengwi Ardani Nirwesthi menuturkan, peningkatan jumlah keberangkatan armada sudah mencapai 100 persen jika dibandingkan pada hari-hari biasa.

"Kemarin sore sudah mengalami kekroditan dengan 95 keberangkatan armada. Hari ini (Sabtu) dan besok kemungkinan akan sama," tutur Ardani ketika ditemui di Terminal AKAP pada Sabtu sore.

Sebagai terminal tipe A, Terminal Mengwi menjadi hub perjalanan AKAP khususnya yang mengarah ke Pulau Jawa. Kata Ardani, kebanyakan penumpang dan rute mengarah ke wilayah di Provinsi Jawa Timur.

Meski begitu, keberangkatan arus mudik dari terminal di Desa Mengwitani, Mengwi, Badung ini melayani hingga rute Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta dan Jawa Barat.

Perusahaan operator (PO) armada bus seperti Mansion melayani rute Jepara-Yogyakarta-Purwokerto. Kemudian, Safari Dharma Raya melayani rute Semarang-Temanggung, Madu Kismo rute Semarang-Jakarta, Kramat Djati khusus rute Jakarta, dan Badung Express rute Badung.

"Kami survei di beberapa PO, tiket mereka sudah full booked sampai hari H Lebaran. Begitu juga tiket arus baliknya, kami lihat sudah penuh di PO," ungkap Ardani yang sebelumnya bertugas di Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Bali ini.

Pengawas terminal yang baru betugas selama enam bulan ini menegaskan, armada yang berangkat dari pool PO wajib melakukan transit di Terminal Mengwi. Hal ini untuk mendata manifes penumpang dan armada.

Selain itu, seluruh sopir bus yang beroperasi di Terminal Mengwi sudah dites urin oleh BNN. Langkah ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik tanpa khawatir sopir bekerja di bawah pengaruh obat-obatan.

Di dalam area Terminal Mengwi sendiri, Ardani memastikan pelayanan prima diberikan kepada pemudik, termasuk kesiapan fasilitas ruang tunggu, wahana bermain anak, dan kebersihan toilet. *rat

Komentar