nusabali

Dinas Kominfosanti Usul 40 Titik Tambahan Wifi Gratis

  • www.nusabali.com-dinas-kominfosanti-usul-40-titik-tambahan-wifi-gratis

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 40 titik tambahan Wifi gratis diusulkan Dinas Kominfosanti kepada Pemerintah Provinsi Bali. Usulan itu sudah disampaikan untuk dianggarkan di tahun 2025 mendatang. Tambahan titik Wifi gratis ini diharapkan dapat memaksimalkan layanan jaringan internet gratis kepada masyarakat Buleleng.

Kepala Diskominfosanti Buleleng, Ketut Suwarmawan, Jumat (5/4) mengatakan, dari program Bali Smart Island (BSI), titik Wifi gratis yang sudah terpasang sebanyak 297. Jumlah tersebut tersebar di kecamatan yang ada di Buleleng. Suwarmawan menyebut 40 titik usulan tambahan Wifi gratis ini, masuk dalam daftar tunggu.
 
Suwarmawan menyebut usulan tambahan itu merupakan titik-titik lama. Sebelumnya di titik ini sempat dipasang Wifi gratis, namun untuk tahun 2024, diputus sementara karena ada pengurangan anggaran dari program BSI Pemprov Bali. Sehingga beberapa titik Wifi yang dinilai tidak efektif dan jarang dipakai diputus sementara.
 
Namun selain itu juga ada titik tambahan di tempat-tempat baru. “Mudah-mudahan usulan kita bisa diakomodir semuanya. Paling tidak diberikan tambahan untuk ruang dan lokus yang susah dijangkau internet,” terang Suwarmawan.
 
Dari perhitungan untuk menambah 40 titik Wifi gratis diperlukan anggaran Rp 1,93 miliar, dengan kecepatan 50 MBps. Program BSI yang kini terpasang di 293 titik wilayah Buleleng diantaranya menyasar balai desa adat, puskesmas, dan Daya Tarik Wisata (DTW). Selain juga di pusat desa/kelurahan. 
 
Sementara di luar program BSI, layanan Wifi gratis juga ada yang disupport dari pihak ketiga melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Swasta membantu sebanyak 62 titik yang diprioritaskan di sejumlah fasilitas umum wilayah perkotaan. Seperti Taman Kota Singaraja, RTH Bung Karno, dan RTH Yowana Asri dan fasum lainnya.
 
“Tetap kita jalin kerjasama dan upayakan untuk mendapat dukungan dari swasta juga untuk memaksimalkan layanan jaringan internet dan menunjang pencanangan kota digital kita,” terang pejabat asal Kelurahan/Kecamatan Sukasada, Buleleng ini.7 k23

Komentar