nusabali

Coki Sparring dengan Karateka Hongkong

  • www.nusabali.com-coki-sparring-dengan-karateka-hongkong

JAKARTA, NusaBali - Untuk persiapan Kejuaraan Karate 1 Premiere League Kairo pada 19-21 April 2024, karateka asal Bali Cokorda Istri Sanistya Rani (Coki) menjalani Traning Camp (TC) di Hongkong. Karateka kelas -55 kg itu akan sparring dengan timnas karate Hongkong. Nantinya, mereka akan berangkat bersama ke Kairo.

"Coki di Hongkong sejak 3 hingga 14 April. Dia berangkat ke Kairo 15 April bersama atlet Hongkong pula, karena mereka juga sedang mempersiapkan diri ke Premiere League Kairo," ujar pelatih karate, Donny Dharmawan, Jumat (5/4).

Donny mengatakan, Coki berangkat ke Hongkong dari Bali. Sedangkan dii Hongkong, Coki bersama Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung di kelas 68 kg. 

"Ceyco berangkat dari Jakarta. Mereka di sana hanya berdua, tapi kami tetap komunikasi melalui grup WA. Kami juga komunikasi dengan pelatih Hongkong," kata Donny.

Menurut Donny, Hongkong memiliki dua pelatih. Satu dari Inggris yang merupakan pelatih nomor kata. Sedangkan satu lagi dari Iran untuk kategori kumite. Pelatih kumite satu angkatan dengan Donny. Dia juga merupakan juara dunia dan Asian Games.

Diharapkan kemampuan, Coki dan Ceyco meningkat setelat berlatih di sana. Lantaran selama mengikuti dua kali Premiere League, prestasi mereka belum bagus. Mereka tidak lolos dari penyisihan grup. Salah satu penyebabnya adalah kurang sparring.

Pelatih koordinasi dengan Sekjen PB FORKI Mayjen TNI (Purn) Sapriadi. "PB FORKI ingin memiliki prestasi tingkat dunia. Pak Sekjen PB FORKI sangat mendukung. Untuk itu, Coki dan Ceyco dikirim ke Hongkong agar bisa sparring dengan timnas karate di sana," terang Donny.

Selain itu, mereka juga bisa sparring dengan karateka dari negara lainnya. Lantaran sejumlah negara mengirimkan karateka mereka untuk TC pula di sana. "Dengan sering sparring, mudah-mudahan kekurangan mereka bisa ditutupi," kata Donny.

Menurut Donny, kekurangan Coki terletak dari konsentrasinya. Untuk itu, dia sering kecolongan di bagian akhir. "Jadi, konsentrasi Coki perlu ditingkatkan lagi. Kalau dari sisi fisik dan mental, dia sudah matang," kata Donny Dharmawan. k22

Komentar