nusabali

Disperindag Awasi SPBU di Jalur Mudik

  • www.nusabali.com-disperindag-awasi-spbu-di-jalur-mudik

TABANAN, NusaBali - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Tabanan telah melaksanakan pengawasan SPBU sepanjang jalur Mudik rangkian Hari Raya Idul Fitri. Hasilnya, seluruh SPBU tak ditemukan adanya pelanggaran.

Kabid Metrologi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tabanan Wayan Roby Megananta menegaskan dari pengawasan yang dilakukan tak ditemukan adanya pelanggaran. "Seluruh SPBU sudah sesuai dengan batas kewajaran. Pengawasan sudah selesai kita lakukan," ujarnya, Jumat (5/4). 

Disebutkan, dalam pengawasan itu ada 10 SPBU yang menjadi atensi pengawasan. Adapun pengawasan yang dilalukan ini mulai dari uji pakek bejana, takaran hingga melihat segel metrologi. "Kita juga lihat kondisi alatnya. Seluruh masih aman, karena kita juga rutin melaksanakan pengawasan dan tera ulang," tegasnya. 

Disebutkan, kegiatan pengawasan SPBU ini bertujuan memberikan jaminan dan perlindungan kepada konsumen agar terhindar dari praktek penyelewengan saat pengisian BBM. Karena peningkatan permintaan BBM saat momen mudik Lebaran memungkinkan terjadinya aksi kecurangan yang dilakukan oleh oknum di SPBU ataupun karena faktor ketidaksengajaan akibat gangguan alat (eror) akibat lonjakan transaksi. 

“Kami berusaha mencegah terjadinya kecurangan yang dapat merugikan konsumen. Dan jika ditemukan SPBU yang melakukan kecurangan akan dikenakan sanksi,” tegasnya. 

Roby menambahkan pengawasan ke SPBU jelang Idul Fitri ini merupakan bentuk kegiatan penegasan kembali dari pengawasan yang sebelumnya rutin telah dilakukan. "Termasuk melakukan tera ulang untuk memastikan takaran agar sesuai, sekaligus sebagai syarat pengamprahan suplai bagi SPBU itu sendiri," tandasnya. 7des

Komentar