nusabali

Libur Lebaran, PT JBT Bentuk Satgas

Antisipasi Peningkatan Volume Lalu Lintas

  • www.nusabali.com-libur-lebaran-pt-jbt-bentuk-satgas

Puncak arus lalu lintas diperkirakan terjadi pada H+1 periode Lebaran atau jatuh pada 12 April 2024.

MANGUPURA, NusaBali
PT Jasamarga Bali Tol (JBT) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Jalan Tol Bali Mandara (Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa) menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas yang diperkirakan terjadi selama periode libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Antisipasi ini termasuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) Jasamarga Bali Tol Siaga yang siap bertugas demi menjaga keamanan dan kelancaran arus lalu lintas.

Direktur Utama PT JBT I Ketut Adiputra Karang, mengatakan prediksi peningkatan arus lalu lintas di Jalan Tol Bali Mandara akan terjadi dari H-10 hingga H+10 selama libur Lebaran. Puncak arus lalu lintas diperkirakan terjadi pada H+1 periode Lebaran atau jatuh pada 12 April 2024.

“Kami memproyeksikan adanya peningkatan kunjungan wisata selama momen Lebaran, dan meskipun Jalan Tol Bali Mandara bukan menjadi jalur utama mudik, peningkatan tersebut tetap kami antisipasi dengan serius,” kata Adiputra, Jumat (5/4) siang.

Untuk menjaga pelayanan tetap optimal, Satgas Jasamarga Bali Tol Siaga akan berjaga 24 jam dalam mengantisipasi berbagai kondisi darurat, dengan prioritas utama adalah keamanan dan keselamatan pengguna jalan tol. Pihaknya juga telah mempersiapkan armada pelayanan yang terdiri dari 2 mobil Mobile Customer Service (MCS) dan 2 motor untuk petugas MCS yang siap dioptimalkan untuk berpatroli di sepanjang jalur tol. “Selain itu, 1 kendaraan derek besar, 1 kendaraan derek motor, 1 unit ambulans dan satu kendaraan rescue siap digunakan dalam mengatasi keadaan darurat di jalan tol,” tambahnya.

Lebih lanjut, PT JBT juga telah menyiapkan strategi komunikasi dan manajemen informasi untuk menyampaikan kondisi lalu lintas terkini kepada pengguna jalan. Melalui Call Center 14080, aplikasi Travoy, dan akun resmi media sosial, PT JBT berupaya memberikan informasi yang cepat, tepat, dan akurat kepada pengguna jalan.

Di samping itu, lanjut Adiputra, koordinasi dengan instansi terkait seperti Kepolisian, Dinas Perhubungan, dan TNI AL juga telah diperkuat untuk memastikan kelancaran perjalanan dan mengantisipasi kepadatan lalu lintas yang mungkin terjadi. Adiputra juga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk mempersiapkan perjalanan mereka dengan baik, memastikan kondisi kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan, serta memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan.

“Sebelum memasuki jalan tol, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, tetap mematuhi protokol kesehatan, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan. Kami berharap dengan persiapan yang matang ini, pengguna jalan tol dapat menikmati perjalanan mereka selama libur Lebaran dengan aman dan nyaman,” kata Adiputra. 7 ol3

Komentar