nusabali

Ratusan Pemudik Ikuti Mudik Gratis Jalur Laut di Pelabuhan Celukan Bawang

  • www.nusabali.com-ratusan-pemudik-ikuti-mudik-gratis-jalur-laut-di-pelabuhan-celukan-bawang

SINGARAJA, NusaBali - Ratusan pemudik memadati Pelabuhan Cekukan Bawang di Desa Cekukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Kamis (4/4) pagi. Mereka mengikuti program mudik gratis melalui jalur laut yang difasilitasi oleh Dirjen Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) mengerahkan tiga kapal dengan tujuan Pulau Raas, Madura, Jawa Timur. Tiga kapal itu bernama lambung KN Nusa Penida, KN Chundamani P.116 dan KN Mizan. Kapal tersebut telah berangkat pada Kamis pagi dengan mengangkut ratusan pemudik dari Pelabuhan Celukan Bawan.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Jon Kenedi mengatakan, mudik gratis bersama merupakan program Kementrian Perhubungan. Sebanyak tiga kapal coast guard berpangkalan di Surabaya dikerahkan ke Pelabuhan Celukan Bawang untuk membantu mengangkut pemudik.

“Ada tiga kapal yang dikerahkan, satu kapal dari pangkalan dan dua dari navigasi, kami berharap pemudik bisa terangkut semua” kata dia.

Adapun daya tampung tiga kapal tersebut sebanyak 270 penumpang. Namun jika diperlukan akan ditambah jadwalnya. Ia juga menyebutkan, tiga kapal tersebut sejatinya bukan untuk penumpang namun untuk patroli dan kapal perawatan alat navigasi. Kapal itu dikerahkan untuk membantu lonjakan para pemudik.  

“Secara nasional akan ada arus mudik sekitar 150 juta orang bergerak pulang ke daerah asalnya masing-masing. Karena itu kami siapkan untuk memfasilitasi pemudik pulang,” imbuhnya.

Sementara itu KSOP Kelas IV Celukan Bawang I Gusti Agung Komang Arbawa, menyampaikan Pelabuhan Celukan Bawang sudah siap menjadi pelabuhan yang melayani angkutan mudik jalur laut.

“Kami antisipasi jika ada lonjakan penumpang. Pelabuhan Celukan Bawang siap melayani angkutan pemudik ke pulau-pulau di Madura terutama ke Raas,” pungkasnya.7 mzk

Komentar