nusabali

Jokowi Janji Selesai Dihitung Pekan Ini

Penyesuaian HPP Gabah

  • www.nusabali.com-jokowi-janji-selesai-dihitung-pekan-ini

JAKARTA, NusaBali - Pemerintah sedang mengevaluasi penentuan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) untuk gabah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan penghitungan sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu.

Jokowi menyatakan esok hari atau luas penghitungan akan selesai. Setelah itu pemerintah akan mengumumkan HPP gabah terbaru.

"Baru dalam penghitungan. Saya kira nanti besok atau Jumat sudah selesai," ujar Jokowi di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, seperti dilansir detikcom, Rabu (3/4).

Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan pemerintah sedang melakukan pembahasan penyesuaian Harga Pembelian Pemerintah (HPP) gabah. Rencana pembahasan ini merupakan hasil koordinasi dengan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

"Pak Mentan tadi telepon, kita akan siapkan untuk menghitung HPP bersama," kata Arief dalam acara Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Jelang Idul Fitri 2024, di Kantor Perum Bulog Jakarta, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (1/4) kemarin.

Dia menargetkan pembahasan ini bisa diselesaikan dalam satu pekan ini. Untuk pembahasan tentunya pihaknya juga akan melibatkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, serikat hingga asosiasi petani.

Petani sendiri meminta agar HPP dinaikkan. Kepala Pusat Pengkajian dan Penerapan Agroekologi Serikat Petani Indonesia (SPI) Muhammad Qomarun Najmi mengatakan HPP gabah yang ideal bagi petani Rp 7.000/kg. Hal ini telah memperhitungkan biaya produksi yang telah naik menjadi Rp 6.000/kg.

"Hitungan kita musim ini ada kenaikan biaya produksi, dari musim sebelumnya Rp 5.000, menjadi Rp 6.000. Dengan harga gabah (HPP) di kisaran Rp 7.000an, petani dapat keuntungan sekitar 15%," ujar Qomarun kepada detikcom, Selasa (2/4) kemarin. 7

Komentar