nusabali

Pasar Burung Merpati Muncul di Tista

  • www.nusabali.com-pasar-burung-merpati-muncul-di-tista

AMLAPURA, NusaBali - Pasar darurat khusus menjual burung jenis merpati muncul di Banjar Tista Gede, Desa Tista, Kecamatan Abang, Karangasem. Belasan pedagang dan pembeli dating bertransaksi di emperan bale banjar.

Pasar dibuka pukul 12.00 Wita-15.00 Wita, setiap hari Kajeng, tiga hari sekali. "Pasar yang menjual burung merpati bersamaan dengan dibukanya Banjar Desa Mangsul," jelas anggota pengaman Desa Tista I Made Wan, yang mengamankan pelaksanaan pasar itu di Banjar Tista Gede, Desa Tista, Kecamatan Abang, Karangasem, Selasa (2/4).

I Made Wan mengatakan, pasar dibuka sejak 6 bulan lalu, belum memiliki tempat khusus, sementara sifatnya darurat. Pertemuan belasan pedagang itu atas kesepakatan para pedagang dan penggemar burung merpati, se-Karangasem.


Sementara yang bertransaksi, belum dikenakan retribusi, hanya pengendara sepeda motor kena biaya parkir Rp 1.000. Pedagang yang menjual burung merpati, menjual dengan harga bervariasi. Kebetulan di emperan Bale Banjar Tista Gede, ada lapangan voli, sehingga dengan leluasa memanfaatkan areal itu untuk berkumpul.

Perbekel Tista I Ketut Selamet Ariyasa mengakui, adanya komunitas penggemar burung merpati berkumpul setiap tiga hari sekali, sambil bertransaksi di Banjar Tista Gede.

"Ya, memang ada pasar darurat menjual burung merpati, belum punya tempat khusus, nanti kami upayakan agar ada tempat yang layak," jelas Selamet Ariyasa.

Terpenting untuk sementara baik penjual maupun pembeli burung merpati, melakukan transaksi di tempat aman, di tengah lapangan voli, sehingga parkir kendaraan sepeda motor bisa langsung masuk lapangan, tidak parkir di bahu jalan.7k16

Komentar