nusabali

Kelas Digital Marketing Pacu Pengembangan Bisnis UMKM

  • www.nusabali.com-kelas-digital-marketing-pacu-pengembangan-bisnis-umkm

JAKARTA, NusaBali.com - Telkom Indonesia berkomitmen untuk membantu masyarakat dalam menghadapi era ekonomi digital. Salah satu langkahnya adalah dengan membuka kelas gratis digital marketing bagi pelaku UMKM.

Kelas bertajuk "Optimalisasi Penjualan melalui Social Media & E-Commerce, Tingkatkan Penghasilan Tiap Bulannya" ini diadakan secara daring. 

Telkom menghadirkan Chrysler Ade Chandra, CTO Vauza Tamma Hijab, dan Putri Irmawati Y, CFO Muda Rumah BUMN (RB) Telkom, sebagai narasumber.

Vauza Tamma Hijab, salah satu UKM binaan unggulan RB Telkom, membagikan tips dan tahapan dalam melakukan penjualan melalui platform digital. Dalam dua tahun, Vauza Tamma Hijab berhasil menghasilkan omzet minimal Rp 1 miliar per bulan dengan pendampingan RB Telkom Malang.

CFO Rumah BUMN Telkom juga hadir untuk menjelaskan keberadaan Rumah BUMN sebagai wadah bagi siapapun untuk belajar mengembangkan UKM-nya.

Melalui kegiatan ini, Telkom berharap dapat memberikan panduan dan pemahaman kepada masyarakat mengenai pemanfaatan tools digital marketing untuk perkembangan bisnis. Chrysler Ade Chandra juga membagikan e-book gratis untuk membantu peserta mempraktekkan ilmu yang didapat.

SGM Telkom CDC Hery Susanto mengatakan, "Kegiatan kelas gratis ini merupakan inovasi program yang kami tawarkan kepada masyarakat. Melihat antusiasme masyarakat yang tinggi pada kegiatan webinar sebelumnya, kami berharap dapat menjadi wadah bagi masyarakat, khususnya Sobat UMKM, dalam mengembangkan bisnisnya di era digital."

Kelas gratis ini mendapat respons positif dari para peserta. "Terima kasih Telkom sudah melaksanakan kegiatan kelas gratis ini. Sangat bermanfaat bagi saya sebagai pelaku UMKM yang masih perlu banyak belajar mengenai digital marketing. Materinya mudah dipahami. Harapannya, kegiatan seperti ini dapat terus ada dengan tema-tema menarik lainnya," ungkap Raey Brian Andi Ramanda, salah satu peserta asal Jakarta.

Selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) poin ke-9 yaitu Infrastruktur, Industri, dan Inovasi, Telkom berkomitmen untuk mendorong inovasi dan kemajuan teknologi di industri, khususnya industri kecil dan menengah. Harapannya, Telkom dapat membantu UMKM menjadi talenta siap bisnis yang mampu bersaing di dunia internasional.

Komentar